WhatsApp Hadirkan Fitur Komunitas, Mampu Tampung 50 Grup dan 50.000 Anggota

Community dirilis lewat pembaruan aplikasi, baik untuk versi mobile, desktop maupun WhatsApp Web.

193
0
WhatsApp

Media sosial serta aplikasi berkirim pesan, WhatsApp, resmi meluncurkan fitur Komunitas secara global. Fitur baru ini ditambahkan untuk meningkatkan pengalaman para pengguna. Fitur Komunitas ini merupakan wadah untuk pengguna yang mempunyai kesamaan minat agar bisa saling terhubung, serta bisa menampung 50 grup dengan masing-masing maksimum 5.000 anggota.

Fitur Komunitas ini juga sudah tersedia untuk pengguna di Indonesia. Community dirilis lewat pembaruan aplikasi, baik untuk versi mobile, desktop maupun WhatsApp Web.

“WhatsApp adalah aplikasi perpesanan pribadi, tapi kami ingin tetap menjaga kedekatan, privasi, pembicaraan di aplikasi dengan komunitas yang kita sudah familiar,” ucap Manajer Kebijakan Publik WhatsApp Indonesia Esther Samboh.

Fitur ini memiliki tanda ikon tiga-orang. Bagi WhatsApp versi mobile, tab Komunitas ada di sisi kiri tampilan utama, bersebelahan dengan tab Chat, sehingga posisinya menggantikan ikon kamera WhatsApp.

Sedangkan, kamera aplikasi kini dipindah di bagian atas kanan, tepat di samping ikon tiga titik dan ikon kaca pembesar (Search). Untuk WhatsApp versi web dan desktop, tab Komunitas ada di atas daftar obrolan, sejajar dengan ikon status, profil dan lainnya.

Di fitur ini, admin punya kendali yang besar, karena bisa mengirimkan informasi ke seluruh anggota yang terhubung di Komunitas. Admin juga dapat menambahkan grup atau anggota secara personal. Akan tetapi, admin tidak bisa menjadikan anggota lainnya sebagai admin tambahan.

Para anggota Komunitas juga hanya berperan sebagai audiens saja. Sebab, mereka hanya dapat melihat pembaruan yang disampaikan admin saja tanpa bisa membalas atau meresponsnya.

Bicara soal ketersediaan, fitur Komunitas ini diluncurkan secara bertahap bagi pengguna WhatsApp di Indonesia.

Untuk membantu memenuhi kebutuhan pengguna, WhatsApp bekerja sama dengan 50 organisasi di 15 negara, termasuk Indonesia, guna mendapat masukkan mengenai fitur ini.

“Kami harap, fitur Komunitas di WhatsApp dapat memungkinkan lebih banyak grup di Indonesia untuk mengatur anggotanya dengan lebih baik,” ujar Esther Samboh.

Adapun cara membuat WhatsApp Community adalah:

  1. Klik ikon Komunitas di WhatsApp.
  2. Masukkan nama komunitas, deskripsi, dan foto.
  3. Buat atau tambahkan grup yang sudah ada.
  4. Grup pengumuman akan dibuat secara default.
  5. Untuk menambahkan grup yang relevan ke komunitas, tekan add existing groups yang ada.
  6. Pilih grup yang ingin ditambahkan dari daftar.

Gimana gengs? Kamu sudah coba fitur Komunitas di WhatsApp, belum?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *