Yeay! Indonesia Masuk dalam Daftar Negara Terindah di Dunia Versi Forbes

Enggak cuma gelar terindah di dunia yang disematkan kepada Indonesia, Forbes juga menyebutkan Raja Ampat sebagai tempat terindah di dunia.

222
0

Memiliki kekayaan dan keindahan alam membuat Indonesia memukau dunia. Hal ini bahkan diakui oleh Forbes dengan memberikan gelar negara terindah di dunia kepada Indonesia.

Pada artikel yang disusun oleh Forbes berjudul “The World’s 50 Most Beautiful Countries (You Won’t Believe Where The U.S. Ranked)”, Indonesia berada di posisi teratas dalam daftar 50 negara terindah.

Alasan Forbes menempatkan Indonesia di posisi teratas sekaligus diakui sebagai negara terindah di dunia adalah karena alamnya yang membentang luas nan indah. Inilah yang membuat pesona Indonesia dapat dilihat oleh siapa pun.

“Dan di lepas pantai pulau-pulau (di Indonesia) ini, kamu akan menemukan lebih dari 31.000 mil persegi terumbu karang yang penuh dengan kehidupan, dan banyak di antaranya dapat dijelajahi di Provinsi Bali yang populer,” kata editor Money.co.uk, Sal Haqqi.

Pantai Kelingking, Nusa Penida, Bali
Pantai Kelingking, Nusa Penida, Bali
(Sumber foto: felfin_photo05 evin on Unsplash)

Selain pulau dan pantai, ada hal lain yang disorot oleh Forbes dari Indonesia yang membuatnya menjadi negara terindah. Kekayaan alam lain tersebut antara lain Taman Nasional Komodo, hutan tropis di Sumatra, hingga habitat orang utan di Kalimantan.

Enggak cuma gelar terindah di dunia yang disematkan kepada Indonesia, Forbes juga menyebutkan Raja Ampat sebagai tempat terindah di dunia. Raja Ampat memang terkenal akan lautnya yang cantik, sehingga kerap dijuluki sebagai sepotong surga yang ada di bumi.

Raja Ampat
Raja Ampat (Sumber foto: Ridho Ibrahim on Unsplash)

Raja Ampat juga kaya akan keanekaragaman hayatinya, salah satunya adalah keberadaan burung-burung yang eksotis.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata Kabupaten Raja Ampat, ada 10 jenis burung endemik Papua yang 6 di antaranya hidup di Kabupaten Raja Ampat. Keenam jenis burung endemik tersebut adalah:

1. Cenderawasih Botak (Wilson Bop)

2. Cenderawasih Merah (Red Bop)

3. Maleo Waigeo (Waigeo Brush Turkey)

4. Raja Ampat Pitohui

5. Cekakak Pita Kofiau (Kofiau Paradise Kingfisher)

6. Kehicap Kofiau (Kofiau Monarch)

Tak bisa dipungkiri, burung-burung tersebut berhasil memukau para penikmat alam untuk mengunjungi Raja Ampat, serta menyaksikan keindahannya.

Burung Cenderawasih di Raja Ampat, Indonesia
Burung Cenderawasih

Selain Indonesia, ada negara ASEAN lain yang masuk dalam daftar 50 negara terindah di dunia. Data dari laman resmi ASEAN menyebutkan, Filipina, Malaysia, Thailand, Singapura, Myanmar, Kamboja, dan Laos masuk dalam daftar negara yang dinilai punya ciri khas dan keunikannya masing-masing.

Wohooo! Bangga banget enggak sih, kita tinggal di negara yang punya kekayaan alam begitu indah dan menawan. Tapi, penting juga untuk diingat, kalau kita tetap harus menjaga kelestariannya ya, gengs!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *