Ancol Punya Logo Baru Bermakna Semangat Bangkit dari Pandemi COVID-19

331
0

Ancol resmi memiliki logo barunya setelah diluncurkan di kawasan Pantai Symphony of the Sea, Ancol, Jakarta Utara, pada Jumat 22 Juli 2022. Logo baru tersebut diresmikan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Bapak Ahmad Riza Patria yang didampingi oleh Direktur Utama Ancol Teuku Sahir Syahali dan Komisaris Ancol Geisz Chalifah. Dengan diluncurkannya logo baru tersebut, tentu ada makna yang tersimpan.

“Ada terobosan di tahun ini Dirut dkk memunculkan satu brand identity yang gambarkan relaksasi dan kegembiraan,” kata Pak Wagub Riza, seperti dikutip dari Detik

Bapak Wagub DKI Ariza juga berharap, dengan rebranding logo baru Ancol ini dapat menjadi ruang ketiga yang menciptakan kegembiraan sekaligus menghadirkan rasa keadilan.

Logo Taman Impian Jaya Ancol sebelumnya cukup ikonik, yang mana memiliki gambar lumba-lumba. Di logo baru ini, gambar lumba-lumba itu sudah tidak ada lagi, dan diganti oleh bintang laut.

Selain itu, wisata yang terletak di kawasan Jakarta Utara ini juga merubah namanya, yang sebelumnya bernama Taman Impian Jaya Ancol berubah menjadi Ancol Taman Impian. Peluncuran logo baru Ancol ini juga disertai dengan tagline Haven of Wonder.

Dikutip dari Detik, Dirut Ancol Teuku Sahir menjelaskan makna logo baru Ancol yang memiliki warna dasar biru, yang mencerminkan lautan. Lalu, lengkungan pada huruf A menggambarkan menuju kebahagiaan.

“Makna dari Ancol logonya simpel dengan warna biru menunjukkan laut, kemudian A sebagai ikon Ancol, lalu lengkung adalah gerbang menuju kebahagiaan ruang keceriaan, serta ada bintang laut yang menunjukkan laut,” ucap Dirut Ancol Sahir.

Dilansir dari postingan Instagram resmi Ancol, logo baru yang diluncurkan ini membawa harapan untuk Ancol agar menjadi taman rekreasi dan hiburan yang paling disayangi oleh semua orang. Sebagai informasi, peluncuran logo baru ini juga bertepatan dengan usia Ancol yang ke-30.

Logo baru ini juga merupakan sebagai tanda kebangkitan Ancol setelah melewati masa-masa sulit pandemi Covid-19 selama 2 tahun. Dirut Ancol mengatakan perusahaan mengalami banyak kerugian karena tak bisa beroperasi selama pandemi.

Dirinya menambahkan, kondisi Ancol 2 tahun terakhir merupakan yang terparah dipanding pada tahun 1998 silam, di mana saat itu Ancol masih mengalami pertumbuhan pengunjung meski di tengah krisis.

Sementara itu, peluncuran logo baru Ancol ini juga memiliki nilai-nilai yang menarik untuk diketahui. Berikut penjelasan nilai-nilai dalam logo baru Ancol seperti yang dilansir dari Twitter resmi Ancol.

  • Gerbang Ancol

Huruf A mendeskripsikan gerbang Ancol yang berarti gerbang untuk menuju ke ruang keajaiban yang penuh dengan kebahagiaan.

  • Bintang laut

Gambar bintang laut ini terinspirasi dari segarnya angin laut yang menakjubkan. Untuk warna biru laut yang digunakan juga mewakili simbol kebahagiaan, relaksasi, dan keramahtamahan.

  • Gerbang untuk ke ruang keajaiban

Logo baru ini memiliki tujuan yang dapat menggambarkan keberadaan Ancol dalam menciptakan memori kebahagiaan untuk setiap orang yang mengunjunginya.

Tidak hanya dalam bidang pariwisata saja, logo baru Ancol ini juga akan mewakili semua unit bisnis, seperti properti, food and beverage, dan lainnya.

Perubahan logo baru Ancol ini tentu menuai berbagai respon terhadap masyarakat. Namun demikian, pihak Ancol berterimakasih kepada masyarakat yang sudah menyukai logo Ancol yang lama.

Jadi, bagaimana logo baru Ancol menurut kalian? Yuk rasakan keseruan bareng teman atau keluarga di Ancol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *