5 Negara Ini Bebaskan Penduduknya dari Kewajiban Bayar Pajak

Brunei Darussalam menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang bebas pajak.

486
0
Masjid Sultan Omar Ali di Brunei Darussalam

Umumnya, pajak merupakan salah satu pendapatan vital negara yang wajib dibayarkan oleh masing-masing penduduknya. Salah satu jenis pajak yang harus kamu ketahui adalah Pajak Penghasilan (PPh). Pajak ini biasanya akan kamu tanggung apabila kamu telah menerima atau memperoleh penghasilan yang besarnya sudah melebihi Penghasilan Tidak Kena Pajak.

Di Indonesia sendiri peraturan wajib pajak ini telah berlaku sejak tahun 1983, di mana Undang-Undang Pajak Penghasilan tercatat telah mengalami empat kali perubahan, yakni pada tahun 1991, 1994, 2000, dan terakhir pada tahun 2008.

Namun meski sebagian besar negara di dunia telah menerapkan peraturan pajak bagi penduduknya, ternyata ada juga lho, beberapa negara yang membebaskan penduduknya dari pajak atau tidak memungut PPh sama sekali kepada warga negaranya. Kira-kira di mana saja ya negara tersebut? Simak penjelasannya berikut ini!

via GIPHY

1. Monako

Monaco
Monaco / Unsplash

Monako merupakan negara pertama di dunia yang tidak memungut pajak penghasilan pada rakyatnya. Namun begitu, Monako sendiri merupakan salah satu negara termahal di Eropa apabila kamu memiliki keinginan untuk tinggal di sana.

Untuk mendapatkan izin tinggal pun terbilang cukup sulit dan memakan waktu yang cukup lama yakni sekitar tiga bulan. Selain bebas pajak, Monako juga merupakan negara dengan tingkat kriminalitas paling rendah di dunia.

2. Uni Emirat Arab (UEA)

Uni Emirates Arab
Uni Emirat Arab / Unsplash

Selain Monako, Uni Emirat Arab juga menjadi salah satu negara Timur Tengah yang tidak menarik pajak penghasilan. Semua warga negara Arab berhak menggunakan seluruh pendapatannya untuk kepentingan dan kebutuhan masing-masing tanpa ada potongan pajak sama sekali.

Hal ini karena Arab telah memiliki keadaan ekonomi yang cukup stabil dengan cadangan minyak yang besar dan lingkungan yang lebih multikultural dibandingkan dengan negara Timur Tengah lainnya.

3. Bahama

Bahama
Bahama menjadi salah satu negara di dunia yang tidak menerapkan pajak penghasilan / Unsplash

Bahama merupakan negara kepulauan perairan laut dangkal yang terletak di Samudra Atlantik, Florida. Bahama menjadi salah satu negara yang tidak terdapat pajak penghasilan. Namun terdapat biaya khusus untuk pajak properti dan barang impor.

Tidak seperti Monako, izin tinggal di Bahama juga tidak terlalu sulit. Izin tinggal bisa kamu dapatkan dengan membayar sebesar 1.000 dolar Amerika dan bisa diperpanjang setiap tahunnya.

4. Bermuda

Bermuda
Bermuda / Unsplash

Negara selanjutnya yang tidak menerapkan kewajiban membayar pajak penghasilan adalah Bermuda. Negara ini sangat kecil, ia terletak di antara Amerika Serikat dan Eropa.

Sama seperti Uni Emirat Arab, Bermuda tidak memungut pajak karena pendapatan negara tersebut berasal dari sektor wisatanya yang cukup indah dan banyak menarik perhatian turis dari berbagai negara. Bahkan Bermuda dianggap sebagai salah satu negara yang paling indah dan menyenangkan di dunia dengan pantai pasir merah muda hingga restoran kelas atas yang ada di sana.

5. Brunei Darussalam

Masjid Sultan Omar Ali di Brunei Darussalam
Masjid Sultan Omar Ali di Brunei Darussalam/Shutterstock

Brunei Darussalam merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak mengenal biaya Pajak Penghasilan (PPh). Brunei tidak menerapkan peraturan tersebut karena memiliki sumber kekayaan alam yang luar biasa dan pendapatan yang cukup tinggi dari minyak bumi dan gas.

Itu dia beberapa negara di dunia yang membebaskan penduduknya dari kewajiban membayar pajak. Keren ya, Oppal gengs?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *