Akhir Februari 2023, Aplikasi PeduliLindungi Akan Berubah Jadi SatuSehat Mobile, Apa yang Baru?

Kemenkes meminta agar masyarakat tidak menghapus aplikasi PeduliLindungi.

878
0
SatuSehat Mobile

Aplikasi yang sangat akrab dengan masyarakat Indonesia pada saat pandemi, PeduliLindungi, akan bertransformasi menjadi SatuSehat Mobile. Kabar ini langsung disampaikan oleh Chief Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Bapak Setiaji.

“Kami sedang transisi PeduliLindungi menjadi SatuSehat. Kami akan meluncurkan mudah-mudahan akhir 28 Februari kami akan meluncurkan menjadi SatuSehat Mobile,” kata Bapak Setiaji dikutip dari Antara.

Nantinya, transformasi aplikasi ini akan menyimpan hampir seluruh data rekam media setiap pengguna, tidak hanya terkait dengan COVID-19 saja, tapi juga rekam medis penyakit lainnya. Rekam medis yang ada pada SatuSehat Mobile termasuk rekam vaksinasi, hasil pemeriksaan laboratorium, hingga basis data dan stunting.

“Ibu-ibu bisa akses vaksinnya, vaksin anak-anak. Itu kan satu manfaat, ya, pada waktu nanti anaknya mau ke luar negeri, sekolah misalnya ditanya sudah vaksin polio belum. Itu akan ada di dalam SatuSehat application,” tambah Bapak Setiaji.

Melihat manfaat yang cukup banyak ini, Bapak Setiaji mengingatkan kepada masyarakat tidak perlu menghapus (meng-uninstall) aplikasi PeduliLindungi.

Beliau mengatakan pihak kementerian kini juga sedang menyiapkan aplikasi SatuSehat agar bisa terhubung dengan perangkat wearable yang memungkinkan adanya fitur pengumpulan poin yang bisa ditukarkan untuk mendapatkan vitamin dan lain sebagainya.

Untuk sisi keamanan data, Bapak Setiaji memastikan bahwa Kementerian Kesehatan sudah menyiapkan aplikasi untuk SatuSehat. Asesmen dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) juga sudah dilewati.

Selain itu, kementerian juga tengah mengupayakan agar aplikasi SatuSehat memenuhi standar pengelolaan keamanan informasi ISO 27001.

“Kami sudah melakukan persiapan seperti misalkan asesmen BSSN, itu sudah lewat untuk fase asesmennya mulai dari tata kelola dan lain sebagainya,” ucap Bapak Setiaji lebih jauh.

Sebenarnya, pihak dari Kementerian Kesehatan sudah meresmikan platform SatuSehat pada bulan Juli tahun lalu. Platform ini mengintegrasikan data layanan berbagai fasilitas pelayanan kesehatan di Indonesia, termasuk klinik, puskesmas, dan apotek.

Sudah siap merasakan banyak manfaat dari aplikasi SatuSehat Mobile Gengs?

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *