Asyik, Sekarang Sudah Bisa Cek Tagihan Listrik Secara Real Time di Aplikasi PLN Mobile

PLN mulai mengimplementasikan smart meter berbasis AMI.

98
PLN

PT PLN kini mulai mengimplementasikan smart meter berbasis AMI atau Advanced Matering Infrastructure. Inovasi ini dikembangkan oleh PLN untuk mewujudkan infrastruktur smart grid berbasis dengan IoT (Internet of Things).

“AMI (Advanced Metering Infrastructure) adalah pengukuran meteran otomatis yang menggunakan teknologi komunikasi dua arah yang lebih canggih, seperti jaringan nirkabel atau jaringan listrik berkecepatan tinggi untuk menghubungkan konsumen dengan PLN,” tulis keterangan resmi PLN dalam akun Instagram resminya @pln_id.

Dengan sistem ini juga, pihak PLN bisa mengelola sistem energi dengan lebih efisien dan memantau permasalahan pelanggan dengan lebih cepat.

“Dengan sistem AMI, PLN dapat mengelola konsumsi energi dengan lebih efisien dan memantau masalah pelanggan lebih cepat dan akurat,” tulis keterangan itu lebih jauh.

Selain itu, penggunaan smart meter AMI memungkinkan pembacaan kWh meter bisa dilakukan secara digital dan dipantau secara real-time lewat aplikasi PLN Mobile.

Foto Direktur Utama PLN Bapak Darmawan Prasodjo

“Dengan smart meter AMI pembacaan kWh meter dapat dilakukan secara digital, penggunaan listrik juga dapat dipantau secara real-time melalui aplikasi PLN Mobile,” jelas pihak PLN.

Bapak Darmawan Prasodjo selaku Direktur Utama PLN mengatakan bahwa transformasi digital ini bisa dinikmati pelanggan. Integrasi ini kemudian juga akan semakin mudah via PLN Mobile.

“Transformasi digital kini dapat dinikmati pelanggan. Teknologi smart-meter akan terus dilakukan improvement agar semakin memanjakan pelanggan. Tentunya integrasi penggunaannya akan semakin mudah via PLN Mobile,” kata Bapak Darmawan Prasodjo dalam keterangan resmi.

Kemampuan Sistem AMI

Foto kabel listrik/Shutterstock

Pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) juga membeberkan kelebihan dan kemampuan sistem AMI ini, salah satu di antaranya adalah monitoring pemakaian secara real-time. Selain itu, apa lagi kelebihan dari AMI ini?

  • Sistem komunikasi digital yang lebih canggih, akurat, dan berkualitas
  • Monitoring pemakaian secara real-time
  • Deteksi dini pemadaman dan gangguan sehingga lebih cepat teratasi
  • Privasi pelanggan lebih terjaga
  • Sistem integrasi dengan layanan PLN via PLN Mobile

Itu dia beberapa kemampuan dan kecanggihan dari sistem AMI ini. Rumah kamu sudah pakai smart meter belum, gengs?

Baca juga: “Jakarta Fair 2023 Punya Konsep Baru, Akan Ada Kendaraan Listrik yang Dipamerkan

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.