Autobiography, Film Indonesia Satu-satunya dari Asia Tenggara di Venice International Film Festival 2022

277
0

Mengusung genre thriller, film Autobiography yang disutradarai oleh Makbul Mubarak dan diproduseri oleh Yulia Evina Bhara siap melaju dan bersaing dengan film-film dari berbagai belahan dunia dalam ajang Venice International Film Festival yang prestisius.

Digarap oleh rumah produksi KawanKawan Media, Autobiography juga menjadi satu-satunya karya sinema yang mewakili Indonesia, sekaligus akan tayang perdana di penyelenggaraan Venice International Film Festival tahun ini pada 31 Agustus hingga 30 September mendatang. Film ini akan berkompetisi di kategori Orizzonti (Horizons) dan akan dinilai oleh dewan juri yang dipimpin oleh sutradara veteran asal Spanyol, Isabel Coixet.

Autobiography mengisahkan tentang Rakib (diperankan oleh Kevin Ardilova) yang bertugas untuk menjaga rumah kosong milik seorang pensiunan bernama Purna (diperankan oleh Arswendy Bening Swara). Aktor-aktor lainnya yang turut mewarnai film ini adalah Lukman Sardi, Yusuf Mahardika, Rukman Rosadi, Yudi Ahmad Tajudin, Haru Sandra, dan Gunawan Maryanto.

Film ini telah digarap sejak 2017 dan pengambilan gambarnya dilakukan di Bojonegoro, Jawa Timur. Sebelum akhirnya melenggang ke Venice International Film Festival, Autobiography telah melalui serangkaian proses yang cukup panjang. Mulai dari presentasi di Torino Film Lab 2017 hingga berlanjut ke seleksi European Audiovisual Entrepreneurs Ties That Bind, Berlinale Co-Production Market, Locarno Open Doors, Southeast Asian Fiction Lab, FDCP Project Market, dan First Cut Lab.

Dengan demikian, Autobiography memang layak mewakili Indonesia maupun Asia Tenggara dalam festival bergengsi yang mengawali kesuksesan film-film seperti La La Land dan A Star is Born. Siap bersaing dengan karya-karya hebat lainnya dari Jepang, Iran, Argentina, Italia, Prancis, hingga Ukraina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *