Barack Obama Hingga Nelson Mandela, Ini Deretan Tokoh Dunia yang Suka Pakai Batik

Sebagai seni tradisional asli Indonesia berupa gambar kain dengan berbagai corak penuh filosofi di dalamnya, sederet tokoh dunia pernah kenakan batik.

291
0

Setiap tanggal 2 Oktober setiap tahunnya selalu diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Tak heran, pasalnya batik sudah menjadi Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan UNESCO sejak tahun 2009 silam. Dunia juga sudah mengakui bahwa batik ini merupakan jalinan sejarah peradaban manusia.

Batik juga merupakan seni tradisional asli Indonesia berupa gambar kain dengan berbagai corak unik di dalamnya. Kepopuleran dari kain batik tidak hanya ada di Indonesia, bahkan sampai ke mancanegara. Batik sering digunakan sebagai salah satu cendera mata bagi orang-orang luar negeri yang berkunjung ke Indonesia.

Tak sampai di situ, sederet tokoh dunia juga pernah mengenakan batik dalam acara-acara resmi kenegaraan atau bahkan pertemuan bilateral antarnegara. Siapa saja tokoh dunia yang pernah memakai batik dalam acara resmi?

Nelson Mandela

Nelson Mandela adalah mantan Presiden Afrika Selatan yang sangat identik dengan pakaian batik. Beliau sering menggunakan batik di acara-acara kenegaraan. Bahkan, salah satu tokoh nasional Jusuf Kalla pernah memuji Nelson Mandela karena keberaniannya dalam mengenakan batik. Bahkan, orang-orang Afrika sangat takut mengenakan batik karena sangat menghormati Mandela yang masih menjabat sebagai presiden pada saat itu.

Barack Obama

Source: Detik.com

Barack Obama merupakan mantan Presiden Amerika Serikat yang cukup fenomenal. Karena beliau adalah satu-satunya presiden berkulit hitam yang berhasil memimpin Amerika pada saat itu. Beliau pernah berkunjung ke Indonesia dan mengenakan batik pada acara Voice of Peace di Bali pada tahun 2011 silam. Obama menarik perhatian dunia dengan kemeja batik yang ia gunakan.

Bill Gates

Bos perusahaan teknologi terbesar di dunia Microsoft pernah mengenakan kemeja batik pada sebuah acara kuliah umum di Jakarta Convention Centre pada tahun 2008. Ada hal yang menarik pada acara ini, awalnya Bill Gates direncanakan akan menggunakan setel jas untuk mengisi acara tersebut. Namun, setelah ditawarkan memakai batik, Bill Gates pun menyetujuinya.

Demikian tokoh berpengaruh di dunia yang pernah mengenakan batik. Kita sebagai warga negara Indonesia wajib berbangga diri karena batik merupakan asli karya Indonesia. Selamat Hari Batik Nasional ya Oppal Gengs!

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *