Cari Motor Listrik Subsidi Pemerintah? Yuk, Merapat ke IIMS 2023

Gelaran IIMS 2023 ini digelar pada 16-26 Februari 2023 di JiExpo Kemayoran, Jakarta.

256
0
Motor Listrik

Gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS 2023) dilaksanakan pada 16-26 Februari 2023 di JiExpo Kemayoran, Jakarta. Dalam pameran otomotif paling bergengsi di Indonesia ini, berbagai macam brand memperlihatkan produk-produk terbaik mereka untuk ditawarkan kepada masyarakat.

Salah satu yang menarik adalah gerai motor listrik yang ada di Hall C JiExpo Kemayoran. Berbagai macam brand ternama ada di lokasi ini sembari menawarkan motor listrik andalan mereka.

Salah satunya adalah Goda. Dalam IIMS 2023, pabrikan Goda memamerkan beberapa motor listrik mereka yang sudah mendapatkan subsidi dari pemerintah sebesar Rp7 juta.

Penampakan motor listrik Goda yang ada di IIMS 2023/Dok. OPPAL

“Motor ini (menunjuk salah satu motor) harganya cuman Rp11 juta. Harga awalnya itu Rp18 juta, tapi karena sudah disubsidi pemerintah, harganya jadi Rp11 juta. Ada juga yang Rp9 juta harganya,” ucap salah satu petugas Goda di pameran IIMS 2023, Selasa, 21 Maret 2023.

Motor listrik Goda ini siap di-charging ketika sudah menempuh perjalanan sejauh 60 kilometer. Dalam artian, kalau jarak antara rumah kamu ke kantor 20 kilometer, maka amannya setiap kali pulang ke rumah jangan lupa untuk charging ulang motor listrik ini, ya.

Masih di gerai yang sama, mata kami tertuju kepada salah satu motor trail mungil dengan merk Tromox. Ada dua jenis motor trail yang dipamerkan di sini, satu berbentuk agak kecil dan yang satunya berbentuk tanggung.

Penampakan motor listrik Tromox yang ada di IIMS 2023/Dok. OPPAL

“Kalau yang ini (menunjuk motor Tromox) harganya Rp85 juta. Ini sudah memakai baterai litium terbaru. Kecepatan maksimal dari motor ini bisa 110km/jam. Nah, kalau yang ini versi lebih kecilnya, harganya Rp35 juta. Kecepatan maksimal yang kecil ini bisa 60km/jam,” tambah petugas tersebut.

Ditanya soal perawatannya, kedua motor listrik itu tidak memerlukan perawatan yang spesial. Karena tidak perlu mengganti oli, rantai, van belt, dan lain sebagainya.

“Kalau masalah perawatan enggak ribet kok, paling hanya setiap satu bulan dilakukan pengecekan baterai. Terus ban kalau sudah tipis diganti, sama paling kampas rem. Ini semua bisa dilakukan di dealer kami (Goda) yang sudah ada di beberapa titik Kota Jakarta. Untuk charge-nya juga gampang, kayak charge handphone aja. Jadi nanti dikasih charger dari kami, satu sisi untuk ke stop kontak dan satu lagi dicolok ke motornya,” tutup penjelasan petugas itu.

Langkah kami kembali terhenti di sebuah gerai yang memamerkan motor naked yang keren banget. Ketika kami tanya lebih jauh, ternyata ini adalah motor produk lokal dengan nama Rakata NX8.

Penampakan motor listrik Rakata NX8 yang ada di IIMS 2023/Dok. OPPAL

“Ini motor listrik model naked buatan Indonesia, namanya Rakata NX8. Harganya Rp54 juta. Baterainya sudah litium dengan teknologi yang paling baru,” jelas petugas di gerai Rakata.

Menyoal subsidi dari pemerintah, pihak Rakata mengatakan belum mendapatkan informasi resmi dari pemerintah sehingga motor listrik yang ada tidak mendapatkan disubsidi.

“Belum dapat info, sih (soal subsidi dari pemerintah). Kita jadi belum ada potongan harga untuk semua motor Rakata yang ada di sini,” tambah keterangan petugas itu.

Perawatan motor listrik Rakata NX8 ini juga tergolong sangat mudah. Petugas itu mengatakan bahwa perawatan rutin dilakukan satu bulan sampai tiga bulan sekali, tergantung pemakaian. Pada saat perawatan itu, nanti akan dicek kondisi aki dan lain sebagainya.

Penampakan motor listrik Rakata NX8 yang ada di IIMS 2023/Dok. OPPAL

“Perawatan rutin dilakukan satu sampai tiga bulan sekali. Bisa dilakukan di dealer resmi kami yang ada di kawasan Tendean. Kalau untuk baterainya sendiri ini bisa tahan sampai tiga tahun, jadi kalau dalam tiga tahun rusak diganti dengan baterai baru yang harganya Rp21 juta untuk Rakata NX8,” jelas petugas tersebut.

Buat kamu yang mau beli motor listrik subsidi pemerintah, yuk langsung saja datang ke IIMS 2023 di kawasan JiExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Let’s go, gengs!

Baca juga: “Pemerintah Tetapkan Subsidi Kendaraan Listrik untuk Motor Rp7 Juta, Maret Sudah Jalan

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *