Dampak Gerhana Bulan 8 November 2022 Bagi Kehidupan Manusia

Blood moon yang terjadi malam ini memiliki dampak tersendiri bagi Bumi dan kehidupan manusia.

170
0
Gerhana Bulan Total

Purnama Merah Darah atau masyarakat awam menyebutnya dengan Gerhana Bulan Total akan terjadi di seluruh wilayah Indonesia pada Selasa, 8 November 2022. Peristiwa langka dan jarang terjadi ini diprediksi akan menemui puncaknya pada pukul 18.00 WIB.

Ketika fenonema ini terjadi, maka warna bulan akan berubah menjadi merah atau biasa disebut dengan “Blood Moon”. Secara keilmuan, hal ini bisa terjadi karena posisi Bulan, Matahari, dan Bumi sejajar, sehingga bulan masuk ke umbra (inti) Bumi.

Sumber foto: Shutterstock

Meski fenomena ini sangat indah bila dilihat dengan kasat mata, namun ada beberapa dampaknya bagi Bumi dan kehidupan manusia. Apa saja dampaknya? Mari kita bahas.

Dampak Gerhana Bulan Total

Pada umumnya, dampak dari Gerhana Bulan Total sama dengan bulan purnama atau bulan baru. Hal ini langsung diungkapkan oleh salah seorang Profesor Riset Astronomi-Astrofisika dari Pusat Riset Antariksa Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), Thomas Djamaluddin, dalam akun instagramnya @t_djamal.

Beliau mengatakan bahwa Purnama Merah Darah akan terbit di Jakarta dan kawasan barat Indonesia pada saat Maghrib 8 November 2022.

“Purnama Merah Darah akan terbit di Jakarta dan kawasan barat Indonesia pada saat Maghrib 8 November 2022. Ya, hari itu terjadi gerhana bulan total. Fase gerhana mulai pukul 16.09 sampai pukul 19.49 WIB. Gerhana total mulai pukul 17.16.39 sampai 18.41.37 WIB. Artinya, di kawasan barat Indonesia saat terbit, purnama sudah dalam kondisi gerhana bulan total yang warnanya merah darah. Media sering menyebutnya ‘blood moon’,” tulis Djamal dalam akun Instagram @t_djamal.

Lebih jauh, Djamaluddin mengatakan bahwa berdasarkan hasil risetnya, potensi banjir rob atau arus pasang besar yang menyebabkan luapan air laut tidak secara langsung terkait dengan purnama atau bulan baru.

Sumber foto: Shutterstock

Dan terkait fenomena Gerhana Bulan Total pada hari ini, potensi banjir rob di pantai utara (pantura) Jawa Timur terjadi sekitar tanggal 7 November, sedangkan di pantura Jawa Bagian barat sekitar tanggal 12 November 2022.

Baca Juga: “Gerhana Bulan Total 8 November, Puncaknya Diprediksi Pukul 18.00 WIB

“Dampak gerhana bulan secara umum sama dengan bulan purnama atau bulan baru, terkait dengan pasang maksimum di pantai. Tetapi riset saya menunjukkan potensi banjir rob tidak secara langsung terkait dengan purnama atau bulan baru. Terkait fenomena gerhana bulan total, potensi banjir rob di pantai utara (pantura) Jawa Timur sekitar tg 7 Nov. Sedangkan di sekitar pantura Jawa bagian barat dan tengah sekitar 12 Nov 2022,” tutupnya.

Apakah kamu juga sedang menyaksikan gerhana bulan total malam ini?

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *