Gareth Bale Resmi Pensiun dari Sepak Bola di Usia 33 Tahun

Bale yang kini berusia 33 tahun akhirnya berpisah dengan olahraga yang membesarkan namanya.

318
0
Gareth Bale

Mantan bintang Real Madrid dan kapten Timnas Wales, Gareth Bale, resmi mengumumkan pensiun dari sepak bola, Senin, 9 Januari 2023. Bale yang kini berusia 33 tahun akhirnya berpisah dengan olahraga yang membesarkan namanya.

“Setelah pertimbangan yang cermat dan bijaksana, saya mengumumkan pengunduran diri dari klub dan tim nasional,” kata Bale dalam unggahan di Twitter-nya.

Los Angeles FC (LAFC) menjadi klub terakhir pemain dengan spesialis left foot ini. Bale bermain untuk LAFC selama enam bulan sejak Juli 2022. Bahkan, ia juga membawa LAFC jadi juara MLS dengan mengalahkan Philadelphia Union lewat adu penalti. Saat itu, ia berhasil mencetak gol yang membuat skor menjadi 3-3 di babak perpanjangan waktu.

Di Piala Dunia 2022 Qatar lalu, Bale juga tampil membela negaranya, Wales. Well, pertandingan melawan Inggris di fase grup Piala Dunia 2022 menjadi yang terakhir bagi Gareth Bale.

Bersama Wales, ia juga mencatatkan 41 gol dalam 111 caps, mengungguli dua pemain sekaligus, yaitu Ian Rush (28 gol) dan Christ Gunter (109 caps).

Sebelum namanya mencuat, pemain yang juga dikenal cepat ini memulai kariernya di tim Southampton tahun 2006. And then, namanya mencuat ketika ia bergabung bersama Tottenham Hotspur pada tahun 2007.

Pada 2010, Bale juga sempat mengalami perubahan posisi menjadi winger kiri atau striker. Hasilnya, Bale sukses membukukan 11 gol di musim 2010/2011, dan 26 gol di musim 2012/2013, termasuk 21 gol di liga.

Berkat penampilan cemerlangnya bersama Spurs, Real Madrid kemudian memboyongnya pada 2013 dan saat itu juga Bale menyandang status pemain termahal di dunia dengan banderol 91 juta Euro.

Menyandang status pemain termahal, Bale akhirnya membuktikannya dengan meraih banyak gelar saat membela Real Madrid. Bale sukses membawa Real Madrid juara La Liga tiga kali. Selain itu, Bale juga merasakan lima gelar juara Liga Champions.

Trofi Piala Dunia Antar Klub, Piala Super Eropa, dan Copa Del Raya juga sudah dirasakan oleh mantan kapten timnas Wales ini.

Anyway, saat bermain di Real Madrid, performa Bale sempat naik turun, tepatnya ketika Zinedine Zidane ditunjuk untuk melatih klub raksasa Spanyol itu. Padahal, Bale mampu menjadi goal machine buat Real Madrid bareng Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema.

Pada musim 2020/2021, Bale juga sempat dipinjamkan ke Tottenham selama satu musim dengan torehan 16 gol dan 34 laga.

Well, sukses terus untuk Gareth Bale ke depannya! Terima kasih telah menyuguhkan kita performa apikmu. All the best, The Cannon!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *