Hari Tanpa Bra, Momen untuk Sadari Risiko Kanker Payudara

Diperingati setiap 13 Oktober, Hari Tanpa Bra sejatinya merupakan momen untuk meningkatkan kesadaran publik akan kanker payudara.

145
0

Selamat Hari Tanpa Bra, Oppal gengs! Diperingati setiap 13 Oktober, No Bra Day sejatinya merupakan momen untuk meningkatkan kesadaran publik akan kanker payudara, serta mengingatkan masyarakat untuk rutin memeriksakan diri lewat deteksi lebih dini.

Dirayakan pada Bulan Peduli Kanker Payudara, peringatan Hari Tanpa Bra telah dimulai sejak 2011 lalu. Dilansir dari The Sun, menurut sejarahnya, No Bra Day bermula di Toronto. Kala itu, seorang dokter bedah plastik asal Kanada, Mitchell Brown, ingin para perempuan dapat melakukan deteksi dini atas kanker payudara.

Hari Tanpa Bra diperingati untuk ingatkan publik soal risiko kanker payudara

Mitchell pun menggagas Breast Reconstruction Awareness (BRA) Day yang bertujuan untuk mengedukasi para perempuan saat akan menghadapi mastektomi, atau operasi untuk mengangkat payudara.

Gerakan ini pun viral, hingga akhirnya sejumlah perempuan serta para aktivis kanker payudara menggelar aksi kampanye dengan menggunakan tagar #nobraday, yang kemudian menyebar ke seluruh dunia dan diperingati secara global.

Pada perkembangannya, di tahun 2014 BRA Day diperingati oleh 30 negara di dunia. Pada peringatan ini, diadakan sejumlah diskusi tanya jawab akan kanker payudara, dan kisah inspirasi dari para penyintas kanker.

Kini, tak hanya para perempuan, namun para pria pun ikut diajak turut serta dalam peringatan ini, karena kanker payudara ternyata tak hanya dapat diderita oleh perempuan, tapi juga pria.

Dalam memperingati Hari Tanpa Bra, para pria dapat ikut merayakan hari ini dengan menggunakan baju berwarna merah muda. Sedangkan para perempuan dapat melakukan tes mamogram, yang dapat menjadi deteksi dini kanker payudara.

Kanker Payudara di Indonesia

Hari Tanpa Bra diperingati untuk ingatkan publik soal risiko kanker payudara

Melansir dari laman website YKPI, kanker payudara merupakan tumor ganas yang terbentuk dari sel-sel payudara yang tumbuh dan berkembang tanpa terkendali sehingga dapat menyebar di antara jaringan atau organ di dekat payudara atau ke bagian tubuh lainnya.

Data Globocan 2018 tentang Epidemiologi kanker di Indonesia menunjukkan bahwa estimasi untuk kasus kanker di Indonesia berada di peringkat pertama dengan total 58.256 kasus atau sekitar 31 persen dari total kasus kanker di Indonesia, sedangkan untuk angka kematian kanker payudara menempati peringkat kedua setelah kanker paru.

Hal yang perlu diperhatikan, 70 persen dari pasien kanker payudara datang ke dokter pada keadaan stadium lanjut, sehingga memengaruhi kualitas hidup pasien.

Cara Merayakan Hari Tanpa Bra

Hari Tanpa Bra diperingati untuk ingatkan publik soal risiko kanker payudara

Untuk kamu yang ingin merayakan Hari Tanpa Bra, kamu bisa melakukan beberapa hal, mulai dari melakukan deteksi payudara hingga berdonasi. Simak lengkapnya di bawah ini:

  • Kenali payudaramu

Tahukah kamu bahwa tipe payudara ternyata cukup beragam? Bahkan, menurut hasil peneliutian yang diungkapkan oleh perusahaan bra Thirdlove, terdapat tujuh tipe payudara pada perempuan. Dengan mengetahui jenis payudaramu, kamu bisa mengetahui jenis bra yang tepat untuk kamu gunakan.

  • Gunakan bra yang tepat

Hasil survey yang dilakukan oleh Curvy Kate, sebuah perusahaan lingerie dan bra pada tahun 2015 lalu, menemukan bahwa 90 persen perempuan ternyata memilih ukuran bra yang salah. Padahal, ukuran bra yang tepat bermanfaat menjaga bentuk payudara, memberikan rasa nyaman, serta membantu pundak dan punggung dalam menopang payudara.

  • Lakukan SADARI

Ini merupakan hal yang paling penting untuk dilakukan. Jangan pernah menganggap remeh kebiasaan untuk melakukukan pemeriksaan mandiri (SADARI) pada payudara setiap bulan. Kegiatan sederhana tersebut dapat membantu deteksi dini kanker payudara. Rutinlah lakukan SADARI pada hari ke-7 hingga ke-10 terhitung dari hari pertama haid, setiap bulannya.

  • Saatnya berdonasi

Kegiatan ini dapat dilakukan oleh seluruh kalangan masyarakat. Kamu bisa berdonasi pada sejumlah organisasi peduli kanker payudara, seperti misalnya Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) atau Love Pink Indonesia.

  • Terapkan gaya hidup sehat

Menerapkan gaya hidup sehat sangat penting untuk mengurangi risiko terkena kanker payudara. Biasakanlah mengonsumsi makanan rendah lemak dan tinggi serat. Selain itu, kurangi konsumsi alkohol, dan yang paling penting adalah berhentilah merokok.

Itu dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk merayakan Hari Tanpa Bra hari ini. Happy No Bra Day, gengs!

Alvin
WRITTEN BY

Alvin

Lifestyle and Entertainment Editor at Oppal, who mainly obsesses over all things pop culture, pizza, and boba drinks with equal enthusiasm. Covering everything from celebrities profile to the best TV shows.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *