Intip 10 Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru di Berbagai Negara

Sebagian di antara mereka melakukannya karena percaya keberuntungan akan datang.

249
0
Tradisi Perayaan Tahun Baru

Momen perayaan tahun baru memang menjadi salah satu hal yang ramai dirayakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Berbagai aktivitas dilakukan, mulai dari berkumpul bareng keluarga, menyaksikan pesta kembang api sampai berlibur bersama keluarga.

Nah, kamu tahu enggak, beberapa negara ternyata punya tradisi unik dalam merayakan tahun baru, lho! Sebagian di antara mereka melakukannya karena percaya keberuntungan akan datang.

Walaupun ada juga yang enggak percaya akan hal itu, mereka tetap melakukannya sebagai bentuk identitas dan kebiasaan. Berikut beberapa tradisi unik perayaan tahun baru di berbagai negara.

1. Jepang

Tradisi Perayaan Tahun Baru
Mi soba dianggap sebagai tradisi perayaan tahun baru di Jepang/Live Japan

Tahun baru di Jepang biasanya dirayakan dengan semangkuk mi soba dalam ritual yang disebut toshikoshi soba atau mi penyeberang tahun. Katanya, mi ini menunjukkan kalau penyesalan masa lalu bisa dilepaskan demi menyambut awal yang baru.

Selain itu, ada juga tradisi lainnya, yaitu membunyikan lonceng berukuran besar di kuil Buddha. Upacara ini juga disebut sebagai Joya no Kane, yaitu membunyikan lonceng sebanyak 108 kali untuk mengusir kejahatan dan dosa manusia.

2. Spanyol

Tradisi Perayaan Tahun Baru
Tradisi perayaan malam tahun baru di Spanyol/extra.ie

Masyarakat Spanyol melakukan tradisi dengan memakan 12 buah anggur ketika tengah malam tahun baru. Tradisi ini dilakukan supaya bisa menangkal nasib buruk. Setiap anggurnya mewakili keberuntungan selama satu bulan di tahun yang akan datang.

Di Madrid dan Barcelona, orang-orang berkumpul di alun-alun utama untuk makan anggur bersama. Tradisi yang disebut dengan ‘Las doce uvas de la buene suerte’ ini dilakukan 12 detik sebelum pukul 00.00 malam.

Menurut kepercayaan, kalau kamu berhasil memakan 12 anggur dalam 12 detik menuju pukul 00.00, kamu akan mendapatkan keberuntungan yang melimpah, lho!

3. Yunani

Roti ragi manis atau vasilopita/Mamazilla

Lanjut ke Yunani, orang-orang di sana merayakan tahun baru dengan menikmati vasilopita atau roti ragi yang manis. Mereka memakannya saat jam menunjukkan tepat pukul 00.00 malam pada tanggal 1 Januari.

Roti tersebut punya fakta menarik yang perlu kamu ketahui, di mana ada koin yang ditambahkan ke dalam koin. Nah, siapa pun yang menemukan koin itu dipercaya akan mendapat keberuntungan di tahun baru.

Enggak cuma itu, masyarakat di Yunani juga menggantung bawang di pintu rumah mereka. Tradisi ini memiliki makna kelahiran dan pertumbuhan kembali. Bawang yang digantung bukan bawang biasa, tapi bawang laut yang bisa tumbuh kembali dengan mengeluarkan tunas dan daun baru.

Jadi, tradisi dengan menggantung bawang di pintu dipercaya bakal mendatangkan keberuntungan di tahun baru.

4. Denmark

Tradisi Perayaan Tahun Baru
Tradisi memecahkan piring di Denmark/caymancompass.com

Di Denmark, warga selalu memecahkan piring atau kaca ke tembok atau pintu sebagai tradisi dalam merayakan tahun baru. Memang aneh banget, tapi tradisi memecahkan piring itu diyakini dapat membawa keberuntungan.

Ada juga tradisi lainnya, di mana ada masyarakat yang bakal melompat dari kursi sebagai simbol mereka telah sampai di tahun yang baru.

5. Filipina

Tradisi Perayaan Tahun Baru
Tradisi tahun baru di Filipina/Philippine Primer

Di Filipina, koin biasanya banyak ditampilkan di dalam rumah, karena itu merupakan tradisi di Filipina dalam merayakan tahun baru. Tradisi itu ternyata ada maknanya, yang mana koin dianggap melambangkan kekayaan dan kemakmuran di tahun berikutnya.

Ada juga keluarga yang memajang tumpukan buah di meja makannya, serta memakan 12 buah-buahan saat tengah malam. Bahkan, beberapa orang juga mengenakan pakaian bermotif polkadot demi mendapatkan keberuntungan.

6. Brasil

Tradisi Perayaan Tahun Baru
Tradisi malam tahun baru di Brasil/traveltomorrow.com

Warga Brasil beranggapan bahwa beberapa makanan dan nomor tujuh sebagai keberuntungan. Maka dari itu, mereka bakal memakan tujuh buah anggur dan tujuh biji delima untuk memastikan kemakmuran.

Di samping itu, banyak juga yang menggunakan pakaian putih pada malam tahun baru. Masyarakat Brasil juga menawarkan bunga dan lilin putih kepada roh atau dewi air yang disembah oleh agama Yoruba. Tradisi tersebut sebagai bentuk penghormatan kepada dewi membawa keberuntungan di tahun baru.

7. Skotlandia

Tradisi Perayaan Tahun Baru
Tradisi perayaan tahun baru di Skotlandia yang disebut Hogmanay/The Week UK

Tradisi “first footing” biasanya dilakukan selama perayaan malam tahun baru di Skotlandia. Tradisi ini memiliki arti, di mana orang pertama yang melewati ambang pintu rumah di tahun baru harus membawa hadiah keberuntungan.

Masyarakat Skotlandia juga biasanya mengadakan upacara api unggun, orang-orang berparade sambil mengayunkan bola api raksasa di tiang. Hal ini dianggap sebagai simbol matahari untuk menyucikan tahun yang akan datang.

8. Thailand

Tradisi Perayaan Tahun Baru
Festival Songkran di Thailand/Britannica

Perayaan tahun baru di Thailand dilaksanakan lewat Festival Songkran. Festival ini digelar secara rutin setiap tanggal 13 sampai 15 April, dan selama tiga hari itu juga bakal dilaksanakan beberapa kegiatan dan ritual.

Berbagai kegiatan dan ritual tersebut contohnya seperti ritual mencuci patung Buddha, memberi makanan ke biksu, membuat pagoda pasir, melepaskan burung atau ikan, hingga perang air. Cukup unik, karena perang air berawal dari tradisi saling mencipratkan air dari bekas mencuci patung Buddha.

9. Irlandia

Tradisi orang Irlandia dalam merayakan tahun baru adalah melakukan ritual mengusir roh jahat di setiap sudut rumah sebelum mereka memulai tahun baru. Mereka melakukannya dengan membanting roti ke dinding rumah mereka.

Orang Irlandia percaya kalau tradisi itu bakal mengusir nasib buruk dan membawa kemakmuran serta keberuntungan.

10. Indonesia

Tradisi Perayaan Tahun Baru
Tradisi perayaan malam tahun baru di Indonesia/shutterstock

Di Indonesia, meniup terompet dan menyalakan kembang api serta petasan menjadi tradisi dalam merayakan malam tahun baru. Tapi, ada juga yang merayakannya dengan makan atau bakar-bakaran bareng keluarga dan teman-teman.

Dari 10 tradisi di atas, ada yang pernah kamu lakukan saat malam tahun baru, gengs?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *