Kalahkan Donat dan Churros, Pisang Goreng Jadi Gorengan Paling Enak di Dunia

Taste Atlas menilai berdasarkan pengalaman mereka yang juga menjadi ensiklopedia rasa hidangan tradisional.

280
0
Ilustrasi pisang goreng

Laman resmi panduan wisata dan kuliner dunia, Taste Atlas, baru saja mengeluarkan daftar gorengan untuk penutup makanan terbaik di dunia. Camilan gorengan asal Indonesia pisang goreng menempati posisi pertama dari 50 gorengan yang ada di dunia, mengalahkan donat dari Amerika Serikat dan churros dari Spanyol.

Taste Atlas menilai gorengan ini berdasarkan pengalaman mereka yang juga menjadi ensiklopedia rasa hidangan tradisional, bahan-bahan lokal, dan restoran autentik biasa merilis berbagai makanan terbaik versi mereka.

Dalam lamannya tasteatlas.com, mereka menjelaskan bahwa pisang goreng atau pisang raja adalah jajanan sehari-hari yang umum disantap masyarakat Indonesia. Klik link untuk daftar lengkap berikut penjelasan dari Taste Atlas.

Pisang goreng di Indonesia ada dalam beberapa versi di mana buahnya hanya digoreng dalam minyak yang dangkal, tetapi potongan pisang yang lebih sering diiris dilapisi adonan sebelum digoreng sampai berwarna keemasan.

Gorengan enak ini juga ada di beberapa daerah Indonesia dengan nama yang berbeda. Seperti “Godoh Biu” di Bali atau “Gedhang Goreng” di Jawa, begitu tulis keterangan di tasteatlas.com.

Biasanya gorengan dijual secara tradisional di warung pinggir jalan dan gerobak termasuk dalam kelompok hidangan gorengan lain seperti bakwan, tahu, tempe, ubi, dan lain sebagainya.

Ilustrasi pisang goreng
Ilustrasi pisang goreng/Shutterstock

Adapula pisang goreng yang diberi taburan gula halus, kayu manis, ditaburi cokelat, menggunakan selai atau es krim. Sajian ini menurut laman tasteatlas.com, merupakan salah satu sajian terumit jika disajikan.

Baca juga: “Cobain Deh, Camilan Sehat tapi Tetap Enak Ini

Masyarakat Indonesia biasanya menyantap pisang goreng pada pagi hari ditemani oleh secangkir teh atau kopi. Kudapan ini akan semakin nikmat jika dimakan dalam kondisi hangat. Emmmmm jadi laper deh.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *