Kamu Suka Ngantuk Pas Lagi Puasa? Yuk, Banyak Gerak Gengs!

Perasaan ini sebenarnya sangat umum terjadi saat sedang berpuasa.

147
0
Puasa

Kamu suka mengantuk saat sedang menjalani ibadah puasa? Perasaan ini sebenarnya sangat umum terjadi bagi kamu yang menjalankannya. Kantuk yang suka datang pada saat aktivitas sedang padat bisa mengganggu konsentrasi kamu pastinya.

Penyebab orang mudah ngantuk pada saat puasa sangat beragam. Salah satunya adalah karena kadar gula darah yang menurun karena tidak ada asupan makanan yang masuk dalam jangka waktu lama.

Foto seekor kucing yang sedang merasa ngantuk/Unsplash

Tak sampai di situ, puasa juga menyebabkan pola tidur yang berubah dari biasanya dan ini juga bisa menjadi penyebab rasa ngantuk yang biasa kamu rasakan. Melihat dari laman sehatq.com, sebuah penelitian dalam Journal Sleep of Research mengatakan saat berpuasa rata-rata kekurangan waktu tidur sebanyak 40 menit.

Rasa kantuk yang umumnya mulai dirasakan orang-orang yang berpuasa berkisar di antara pukul 14.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB.

Ilustrasi seseorang yang sedang ngantuk/Unsplash

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa mengantuk pada saat sedang berpuasa. Cobalah memulainya dengan cara yang sederhana, misalkan duduk tegap, bergerak dan tidak melakukan gerakan yang monoton.

Aktif bergerak bisa menjadi salah satu cara menghilangkan ngantuk yang cukup ampuh. Tak perlu melakukan gerakan yang berat-berat, kamu cukup melakukannya dengan berjalan santai di luar ruangan.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Jurnal Frontiers in Public Health mengatakan, berjalan 10 menit di luar ruangan bisa meningkatkan kerja otak secara signifikan. Aktif bergerak juga bisa membuat seseorang terjaga karena aliran darah mengalir ke otak. Ini membuat otak jadi lebih aktif.

Ketika sudah aktif bergerak tapi kamu masih merasa mengantuk, cobalah untuk pergi ke tempat terang. Berada di tempat dengan pencahayaan yang cukup juga bisa memberikan rasa nyaman kepada kamu dan menghilangkan rasa mengantuk yang ada.

Baca juga: “Bukan Mie Instant, Ini 5 Makanan Sahur Cepat Saji Buat Anak Kosan di Bulan Ramadan

Kalau kamu merasa sangat mengantuk, cobalah untuk pindah ke tempat yang lebih perang. Kalau bisa, carilah ruangan yang penerangannya sama terang dengan kondisi di siang hari. Ini bisa membantu kamu menghilangkan rasa ngantuk yang muncul di bulan puasa.  

Selamat mencoba, gengs! Semoga puasamu lancar, ya!

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *