Komunitas Ini Jadi Bukti Anak Muda Peduli Lingkungan

Tiga komunitas berikut konsisten menjaga lingkungan dengan caranya masing-masing.

358
0
Lingkungan

Zaman sekarang ini, kepedulian anak muda terhadap isu lingkungan tampaknya semakin meningkat. Banyak generasi muda yang mulai menyadari bahwa keadaan bumi saat ini sedang tidak baik-baik saja karena berbagai masalah yang terjadi.

Seperti kerusakan hutan, suhu bumi yang semakin meningkat, sampah polusi, limbah industri, dan masih banyak lagi. Meningkatnya kesadaran para pemuda pemudi ini merupakan suatu hal yang positif, namun hal itu belumlah cukup.

Sebagai anak muda, kamu bisa melakukan banyak hal sederhana bersama komunitas yang saat ini sudah banyak sekali tersebar. Penasaran siapa saja mereka dan kegiatan apa saja yang sudah mereka lakukan? Scroll ke bawah untuk berkenalan dengan mereka.

Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih (Pepelingasih)

Kemenpora pada tahun 2017 membuat sebuah program yang berisi anak muda peduli lingkungan dengan nama Pepelingasih. Komunitas ini menjadi wadah bagi anak muda untuk belajar bersama, meningkatkan kapasitas diri untuk menjadi pemimpin, dan memberi dampak yang baik bagi lingkungan sekitar.

Komunitas ini juga ada di Jayapura secara aktif dan rutin melakukan aksi nyata untuk keberlangsungan lingkungan, seperti aksi pembersihan pantai dan menanam mangrove. Selain itu, komunitas ini juga aktif mengedukasi masyarakat di Jayapura tentang berbagai isu lingkungan.

Zero Waste Indonesia

Zero Waste adalah komunitas peduli lingkungan online pertama yang ada di Indonesia. Sesuai dengan namanya, komunitas ini mencanangkan gaya hidup ramah lingkungan dengan memberikan solusi-solusi dalam meminimalisir produksi sampah sebagai bentuk upaya menjaga kelestarian lingkungan.

Dalam kampanyenya, Zero Waste Indonesia ini mengimplementasikan 5R, Refuse, Reduce, Reuse, Recycle, dan Replant. Bahkan, di dalam website mereka, kamu juga bisa membeli barang-barang ramah lingkungan untuk mendukung kegiatan sehari-hari.

Pandawara Group

Nama Pandawara Group akhir-akhir ini sedang naik daun karena video mereka bersih-bersih sampah di sungai viral di media sosial. Pandawara Group berisikan lima orang pemuda bernama Rafly Pasya, Agung Permana, Rifki Sa’dulah, Muchamad Ikhsan, dan Gilang Rahma.

Baca Juga: “Isu Lingkungan Hidup dan Bagaimana Anak Muda Terlibat di Dalamnya

Pandawara sendiri memiliki arti pemuda yang membawa kabar baik. Karena Pandawara terdiri dari dua kata Panda dan Wara. Panda berarti pewayangan Mahabrata yang artinya lima dan Wara yang berasal dari Bahasa Sunda yang artinya kabar baik.

Nah, itu lah tiga komunitas yang bisa kamu ikuti untuk aktif membersihkan lingkungan. Kalau tertarik, kamu bisa langsung menghubungi lewat DM di Instagram mereka ,ya.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *