Latar Belakang Foto Jadi Alasan Hindari Pakai Baju Putih Saat Bikin Paspor

Kamu sudah tahu belum, kalau pihak imigrasi mengimbau para pemohon paspor untuk mengenakan pakaian berwarna pada saat melakukan foto dan wawancara?

292
0

Paspor merupakan dokumen yang berisikan identitas pemiliknya sebagai syarat melakukan perjalanan ke luar negeri. Identitas yang dimaksud berupa nama pemilik, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, kewarganegaraan, dan nomor serta masa berlaku paspor.

Nah, buat yang belum punya dan mau membuat paspor, sebelum datang ke kantor imigrasi, biasanya pemohon diharuskan mengisi sejumlah data dan dokumen melalui aplikasi M-Paspor.

Kemudian bawa dokumen yang diperlukan ke kantor imigrasi terdekat, melakukan wawancara dengan petugas, serta pengambilan foto yang nantinya akan ditempel pada paspor.

Tapi, kamu sudah tahu belum, kalau pihak imigrasi mengimbau para pemohon untuk mengenakan pakaian berwarna pada saat melakukan foto dan wawancara?

Imbauan pihak imigrasi tersebut ternyata punya alasan yang berkaitan dengan latar belakang foto.

“Karena background fotonya warna putih. Nanti hasil fotonya akan samar,” ujar Subkoordinator Humas Ditjen Imigrasi Achmad Nur Saleh.

Tak ada ketentuan khusus untuk pakaian yang dikenakan saat sesi pemotretan pembuatan paspor, yang penting pakaian harus tetap sopan dan rapi.

Imbauan untuk hindari memakai baju putih ini enggak hanya supaya foto tidak samar saja, melainkan karena pemohon tentu ingin foto di paspornya terlihat baik dalam lima tahun ke depan.

Di samping itu, Kementerian Hukum dan HAM juga telah memperpanjang masa berlaku paspor menjadi 10 tahun yang awalnya berlaku hanya 5 tahun saja. Aturan ini tertuang dalam Pasal 2A Permenkumham Nomor 18 Tahun 2022 tentang Paspor Biasa dan Surat Keterangan Laksana Paspor.

Ketentuan baru ini merupakan perubahan dari yang lama, yakni Permenkumham Nomor 8 Tahun 2014 tentang Paspor Biasa dan Surat Perjalanan Laksana Paspor atau Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 nomor 649.

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *