Nostalgia Bareng Majalah Bobo Junior dan Tabloid Nova

Dua tabloid ini akan berhenti penerbitannya akhir Desember 2022 ini.

340
0
Bobo Junior

Kompas Gramedia (KG) sebagai penerbit dari Majalah Bobo Junior, Tabloid Nova, Majalah Mombi, dan Majalah Mombi Junior SD, mengumumkan menghentikan penerbitan empat majalah tersebut mulai 21, 22, dan 28 Desember 2022.

Hal ini langsung dikonfirmasi lewat surat  pemberitahuan dengan nomor 085/SirDis/XII/2022 yang ditujukan kepada para pemimpin toko buku dan pemimpin agen serta mitra bisnis. Surat ini pun ramai beredar di media sosial.

“Sesuai dengan surat edaran dari Grid Network, dengan ini kami sampaikan bahwa terdapat 4 media cetak yang akan berhenti terbit per Januari 2023,” bunyi surat tersebut.

Majalah Bobo dan Tabloid Nova merupakan dua bacaan wajib di tahun 90-an akhir sampai 2000-an awal. Untuk generasi yang lahir pada tahun 80-an dan 90-an tentu sangat akrab dengan kedua bacaan ini.

Sejarah Majalah Bobo Junior

Cover depan Bobo Junior / shopee.com

Majalah Bobo Junior sebenarnya sudah ada sejak 2002 silam dan menjadi teman bermain sekaligus belajar bagi anak-anak yang berusia 3 hingga 7 tahun. Dalam majalah ini, ada juga berbagai macam aktivitas yang bisa dilakukan oleh anak.

Diantaranya adalah aktivitas membaca, menulis, berhitung, mewarnai, melipat, menggunting, mencari jejak, mencari perbedaan dan menghubungkan titik-titik. Dilihat dari website gridstore.id, Majalah Bobo Junior terbit dua minggu sekali dengan 28 halaman.

Saat ini, para pecinta Bobo Junior tak bisa lagi menikmati aktivitas mengasyikkan itu. Namun, yang berhenti terbit hanya majalah Bobo Junior ya Gengs, untuk Majalah Bobo biasa masih terbit dan bisa didapatkan di toko kesayangan kamu.

Sejarah Tabloid Nova

Foto cover Tabloid Nova / a.cdn-myedisi.com

Melansir laman gramedia.com, Tabloid Nova diterbitkan pertama kali oleh Kompas Gramedia pada tahun 1988. Cover pertama (edisi pra) edisi Tabloid Nova pada 7 Januari 1988 menampilkan foto Lydia Kandou bersama dengan kedua anaknya Hanna Natasya dan Nasilla yang pada waktu itu masih berumur 2 tahun.

Namun, edisi pertama dari Majalah Nova ini terbit pada 28 Januari 1988 dimana yang mengisi sampul bagian depannya adalah keluarga Gito Rollies yang jadi artis cukup tenar pada saat itu.

Tabloid Nova merupakan salah satu tabloid perempuan yang tertua yang ada di Indonesia. Buktinya adalah, pada April 2007, Tabloid Nova mendapatkan penghargaan dari rekor MURI sebagai majalah perempuan yang berhasil mencapai edisi ke-1000 pertama di Indonesia.

Tabloid Nova memang dikhususkan untuk bacaan para perempuan, oleh karenanya rubrik yang ada pada tabloid ini sangat identik dengan perempuan. Seperti rubrik uji dapur, taktik cantik, selebritis, anda dan anak anda, dan lain sebagainya.

Terima kasih Tabloid Nova yang sudah pernah ada di dalam kehidupan kami. Terima kasih juga sudah memberikan resep masakan yang begitu beragam setiap harinya.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *