Pak Jokowi Beri Sinyal Pakai Masker Kini Tak Wajib Lagi

Bapak Presiden Jokowi mengingatkan bahwa PPKM sudah dicabut pada akhir tahun 2022 lalu.

318
0
Jokowi

Bapak Presiden Jokowi baru-baru ini mengingatkan kembali bahwa PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) sudah dicabut tepat pada akhir tahun 2022 lalu. Oleh karenanya, penggunaan masker kini sudah tidak wajib bagi kamu yang berada di luar ruangan.

Pernyataan ini diberikan oleh Bapak Jokowi dalam acara Pembukaan Rakernas APPSI (Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia) di Balikpapan, pada 23 Februari 2023.

“Saya ingin mengingatkan kembali bahwa PPKM telah dicabut di akhir 2022 yang lalu. Jadi kalau tadi pak Gubernur Kaltim menyampaikan yang pakai masker itu dianggap agak sakit, enggak salah pak gub enggak salah, karena memang PPKM sudah dicabut,” ucap Bapak Jokowi dalam pidato pembukaan Rakernas APPSI, Kamis, 23 Februari 2023.

Presiden Jokowi juga menambahkan bahwa penggunaan masker di luar ruangan sudah tidak diwajibkan lagi. Dan bagi kamu yang memakai masker di dalam ruangan, itu masih diperbolehkan. Jadi, kini semua keputusan pemakaian masker itu menjadi hak dari masyarakat.

“Apalagi di luar ruangan, itu sudah tidak wajib pakai masker. Tetapi kalau di dalam ruangan masih ada yang pake masker, juga tetap diperbolehkan demi kesehatan,” ucap Bapak Jokowi lebih jauh dalam acara tersebut.

Pernyataan Presiden Jokowi ini bukan tanpa alasan sebenarnya, merujuk pada data dari Kementerian Kesehatan, kasus aktif Covid-19 di Indonesia sendiri turun jauh pada tahun ini.

Melansir dari website Kementerian Kesehatan, update terakhir pada tanggal 23 Februari 2023, kasus terkonfirmasi ada 6.735.033, yang sembuh ada 6.570.570, dan kasus aktif 3.566 (0,1%). Ini adalah angka yang jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Kabar terbaru dari Menteri Kesehatan Bapak Budi Gunadi Sadikin adalah kini pihaknya sedang melakukan beberapa pembicaraan dengan Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom, menyoal status endemi di Indonesia.

“Endemi nanti kita lihat, kita kan sedang bicara dengan WHO nanti saya sama Pak Tedris tadi mau (secara langsung),” ucap Menteri Kesehatan Bapak Budi Gunadi Sadikin dikutip dari detik.com.

Pihak dari Kementerian Kesehatan saat ini juga akan berkonsultasi dengan negara-negara yang ingin menetapkan status endemi di negaranya. Beberapa di antaranya adalah Jepang dan Amerika Serikat.

“Teman-teman sudah bicara dengan di bawahnya Pak Tedros sudah bisa dapat masukan beberapa kita sekarang konsultasi sama negara-negara lain yang juga akan rencananya mau mendeklarasikan endemi tahun ini itu Jepang dan Amerika,” jelas Pak Budi Gunadi lebih jauh.

Apa pun hasilnya nanti, kita selalu doakan yang terbaik untuk negara tercinta ini ya, gengs. Semoga kita bisa memasuki fase endemi dalam waktu dekat.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *