Pakar: Aktif Bertanya Juga Penting untuk Wawancara Kerja Pertama

Latihan memperkenalkan diri juga penting sebelum wawancara kerja, lho!

188
0
Interview

Proses wawancara kerja bagi pada lulusan baru (fresh graduate) biasanya menjadi momen yang menakutkan. Pasalnya, ini menjadi tahapan yang cukup penting untuk memastikan kamu bisa masuk ke perusahaan yang kamu lamar atau tidak.

Wawancara kerja ini jangan sampai disia-siakan sehingga kesempatan kamu untuk bekerja di perusahaan impian tak menjadi mimpi belaka. Wawancara kerja HRD ini biasanya menjadi penilaian yang paling penting untuk melangkah ke proses berikutnya.

Sumber foto: Unsplash

Mas Andrew Sonda, seorang HRD senior yang sudah melanglang buana di dunia Human Resource and Development selama 12 tahun, membagikan tips dan cara interview kerja untuk para lulusan baru atau fresh graduate.

Menurut beliau, latihan komunikasi merupakan salah satu hal penting ketika ingin menghadapi first time job interview.

“Bagi fresh graduate, penting untuk mempersiapkan proses wawancara dengan latihan kemampuan komunikasi (memperkenalkan diri, memahami kelebihan dan kekurangan diri), mempelajari informasi perusahaan dan posisi yang dilamar, datang tepat waktu, aktif bertanya selama proses interview,” kata Mas Andrew Sonda saat kami hubungi secara langsung.

Selain itu, Mas Andrew juga mengatakan tahapan wawancara untuk para fresh graduate ini sangat beragam. Sesuai dengan standar masing-masing perusahaan.

Namun, ia merinci tahapan umum yang biasa dilakukan di perusahaan seperti interview untuk menggali potensi dan kemampuan kandidat dari sisi kemauan bekerja dan lain sebagainya.

“Tahapan wawancara untuk fresh graduate akan beragam, sesuai dengan standar masing-masing perusahaan. Beberapa tahapan umum di beberapa perusahaan adalah interview untuk menggali potensi dan kemampuan kandidat. Baik sisi kemauan bekerja dan kecocokan dengan pekerjaan yang dilamar,” ucap Mas Andrew lebih jauh.

Sumber foto: Unsplash

Dalam proses wawancara, biasanya pengalaman organisasi dari kandidat akan menjadi nilai tambah dalam proses interview. Salah satunya adalah kemampuan komunikasi yang sudah teruji.

Proses interview juga dilakukan dalam beberapa tahap, interview HRD, user, dan juga kepala divisi,” ucap Mas Andrew menjelaskan.

Perbincangan kami dengan beliau yang pernah menjadi HRD di Rucika ini terus berlanjut, hingga pada akhirnya beliau mengatakan bahwa perusahaan akan melihat sisi jurusan yang related dengan posisi yang dibutuhkan demi memperlebar peluang kamu bergabung dengan perusahaan tersebut.

“Perusahaan akan melihat dari sisi jurusan yang related dengan posisi yang dibutuhkan, lulusan, pengalaman magang, ataupun pengalaman organisasi,” kata Mas Andrew lebih jauh.

via GIPHY

Mas Andrew juga membagikan tips kepada Oppal Gengs yang mau melakukan first job interview. “Persiapkan diri dengan melakukan simulasi interview, bisa seperti belajar cara memperkenalkan diri, memahami gambaran pekerjaan dan informasi perusahaan yang dilamar, hadir tepat waktu, istirahat atau makan cukup sebelum proses interview dimulai,” tutup Mas Andrew mengakhiri wawancara dengan Redaksi OPPAL.

Baca Juga: “Deg-degan Mau Interview Kerja? Yuk, Latihan Dulu di Website Ini

Nah, bagaimana nih gengs, sudah siap interview kerja memakai tips dan trik di atas? Jangan lupa berdoa juga ya. Percayalah bahwa kalau memang rezeki, maka kamu akan lolos dan diterima di perusahaan itu. Semangat ya, gengs!

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *