Penampakan 8 Stadion yang Akan Gelar Piala Dunia 2022 Qatar

Tepat 39 hari lagi Piala Dunia 2022 di Qatar akan diselenggarakan. Yuk, cek delapan stadion yang akan digunakan sebagai venue nanti!

512
0
Piala Dunia 2022 Qatar

Tepat 39 hari lagi Piala Dunia 2022 di Qatar akan diselenggarakan, tepatnya di tanggal 20 November 2022. Ini merupakan kali kedua benua Asia dipilih untuk menyelenggarakan pesta akbar sepak bola dunia. Sebelumnya, Korea Selatan dan Jepang terpilih menjadi tuan rumah di tahun 2002.

Menyambut pesta akbar ini, Qatar pun mulai bersolek dan mempersiapkan banyak hal agar semua berjalan dengan maksimal serta bisa menjadi tuan rumah yang baik.

Salah satu hal paling krusial adalah stadion yang akan menjadi tuan rumah dan harus memiliki standar kelas 1. Di Piala Dunia 2022 Qatar nanti, akan ada 8 stadion yang akan menjadi venue para pemain kelas dunia dari seluruh bumi ini. Lantas, seperti apa potret 8 stadion jelang perhelatan akbar ini? Simak!

Stadion Al Bayt

Stadion Al Bayt memiliki kapasitas penonton 60.000 dan mempunyai atap yang bisa dibuka. Stadion ini juga pernah digunakan sebagai upacara pembukaan Piala Dunia Arab 2021 yang merupakan test event sebelum piala dunia dimulai. Untuk Piala Dunia 2022 sendiri, Stadion Al Bayt akan menjadi tuan rumah dari enam pertandingan penyisihan grup serta tiga pertandingan babak gugur, termasuk semifinal.

Stadion Internasional Khalifa

Stadion ini merupakan salah satu stadion yang terletak di Ibu Kota Doha, Qatar. Kapasitas stadion ini adalah 45.416 kursi. Stadion yang diresmikan pada tahun 1976 ini merupakan salah satu stadion tertua yang digunakan pada gelaran Piala Dunia 2022. Nantinya, di sini akan dipertandingkan delapan pertandingan, termasuk pertandingan perebutan juara tiga.

Stadion Al Thumama

Stadion Al Thumama merupakan salah satu stadion terkecil yang akan digunakan di Piala Dunia 2022 Qatar. Meski demikian, stadion ini merupakan yang paling unik dari segi desain dan visual. Dirancang menyerupai topi tradisional yang dikenakan oleh laki-laki di Timur Tengah, stadion ini memiliki kapasitas penonton 40.000 kursi. Nantinya, di stadion ini akan diselenggarakan enam pertandingan penyisihan grup dan pertandingan perempat final.

Stadion Al Rayyan

Stadion Al Rayyan memiliki nama asli Stadion Ahmad bin Ali dan memiliki kapasitas penonton 50.000. Stadion ini akan menjadi venue untuk 7 pertandingan Piala Dunia 2022 Qatar yang terdiri dari 6 pertandingan penyisihan grup dan 1 babak 16 besar.

Stadion Lusail

Stadion Lusail memiliki kapasitas 80.000 kursi dan menjadi yang paling besar di Qatar. Stadion ini juga akan menggelar pertandingan paling banyak nantinya dan menjadi tempat dilangsungkannya Final Piala Dunia 2022 Qatar.

Stadion Ras Abu Aboud

Stadion Ras Abu Aboud merupakan sebuah lapangan yang dibangun di atas lahan tepi laut seluas 450.000 meter persegi dan terletak di tanjung buatan dengan kapasitas 40.000 kursi. Stadion ini memiliki konsep modular dengan menggabungkan 974 kontainer daur ulang sebagai penghormatan kepada sejarah industri.

Usai perhelatan Piala Dunia 2022 nanti, kontainer yang digunakan untuk membangun stadion ini akan dibongkar dan diberikan sebagai bantuan kepada negara terbelakang lainnya di dunia.

Stadion Education City

Nama stadion ini berasal dari nama distrik universitas di mana stadion tersebut berdiri dengan kapasitas 45.350 kursi. Setelah gelaran piala dunia ini, kapasitas akan dikurangi menjadi 25.000 kursi. Nantinya, akan ada delapan pertandingan yang akan diselenggarakan di Stadion Education City.

Stadion Al Janoub

Stadion Al Janoub merupakan salah satu stadion dengan atap yang bisa dibuka dan dilengkapi dengan 40.000 kursi. Desain stadion ini dimaksudkan untuk mengingat sejarah daerah Al Wakrah dan kursinya menggunakan pola gelombang yang melambangkan gelombang di laut.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *