Presiden Jokowi Instruksikan Pejabat Pakai Kendaraan Listrik untuk Capai Zero Net Emission di Indonesia

Presiden Republik Indonesia Bapak Jokowi secara resmi mengeluarkan Instruksi Presiden agar para pejabat pemerintahan menggunakan kendaraan listrik.

193
0

Presiden Republik Indonesia (RI) Bapak Joko Widodo (Jokowi) secara resmi mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) Sebagai Kendaraan Dinas Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Pak Jokowi meminta penyusunan regulasi guna mendukung percepatan pelaksanaan penggunaan kendaraan listrik, seperti slogan KBLBB untuk mencapai zero net emission di Indonesia pada 2060, sehingga kendaraan dinas berbasis baterai bisa menggantikan kendaraan yang ada sekarang ini.

Inpres penggunaan kendaraan listrik yang diteken pada 13 September 2022 ini ditujukan kepada seluruh Menteri Kabinet Indonesia Maju, Sekretaris Kabinet, Kepala Staf Kepresidenan, Jaksa Agung, Panglima TNI, Kapolri, para kepala lembaga pemerintah non-kementerian, para pimpinan kesekretariatan lembaga negara, para gubernur, serta para bupati/wali kota.

Selain itu, kepala daerah juga ditugaskan untuk mengawasi setiap satuan kerja perangkat daerah dalam memantau perkembangannya sebagai kendaraan operasional. Mereka harus melaporkan ke Menteri Dalam Negeri dalam waktu tiga bulan sekali.

Dalam Inpres juga dijelaskan, kalau penggunaan kendaraan listrik sebagai kendaraan dinas pemerintah ini bisa dilakukan lewat skema pembelian, sewa, dan/atau konversi kendaraan bermotor bahan bakar fosil menjadi kendaraan bermotor listrik berbasis baterai sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pemerintah sudah mengupayakan penggunaan kendaraan listrik untuk menekan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) sejak 2019.

Penggunaan kendaraan listrik ini juga bakal dipamerkan Pak Presiden Jokowi di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November 2022. Wakil Presiden Bapak Ma’ruf Amin pun mengatakan ini bakal menjadi awal peralihan penggunaan kendaraan BBM ke listrik di Indonesia secara masif.

“Ini menjadi awal daripada proses penggunaan mobil listrik di Indonesia,” ucap Wapres Pak Ma’ruf Amin.

Wah, jadi makin enggak sabar buat ngerasain pengalaman pakai kendaraan listrik di Tanah Air. Yuk, kita dukung upaya penggunaan kendaraan listrik supaya bisa mencapai target net zero emission di Tanah Air!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *