Ranca Upas, Dulu Jadi Tempat Latihan Kopassus Kini Jadi Bumi Perkemahan

Ranca Upas dulunya adalah hutan belantara.

205
0
Ranca Upas

Nama Ranca Upas sangat identik dengan bumi perkemahan yang ada di Bandung, Jawa Barat. Lokasi ini banyak disebut orang sebagai salah satu wisata camping ground terbaik.

Saat pagi tiba, suasana tenang dan sejuk karena embun yang tak kunjung pergi membuat siapapun yang datang akan merasakan sensasi yang tak biasa.

Ranca Upas atau masyarakat mengenalnya dengan nama Kampung Cai berada tepat di Jalan Raya Ciwidey-Patengan, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung.

Foto rusa yang ada di Ranca Upas/Unsplash

Dahulu kala, kawasan Ranca Upas merupakan hutan belantara yang cukup luas dan menjadi salah satu tempat latihan Kopassus (Komando Pasukan Khusus) TNI.

Setelah kawasan Ranca Upas lepas dari berbagai macam hewan buas, lantas lokasi ini dijadikan hutan lindung oleh Perhutani dan kemudian dibuat menjadi camping ground.

Ranca Upas Ciwidey, diambil dari Bahasa Sunda yaitu “Ranca” yang berarti “Rawa”, dan “Upas” yang dikabarkan adalah seorang petugas Perhutani yang melegenda di kawasan Gunung Patuha.

Suasana di Ranca Upas/Unsplash

Upas adalah seorang pria berkebangsaan Belanda. Ia tutup usia saat melaksanakan tugasnya di lapangan untuk menjelajahi rawa di kawasan yang saat ini dikenal sebagai Ranca Upas.

Saat ini, Ranca Upas bertransformasi sebagai camping ground dengan fasilitas yang cukup lengkap dengan kamar mandi umum dan sarana beribadah. Adapula arena untuk outbound dan penyewaan kendaraan ATV.

Ranca Upas adalah sebuah wilayah di ketinggian 1700 mdpl dan memiliki luas 215 hektare. Adapun suhu rata-rata di daerah Ranca Upas ini adalah 17-20 derajat celsius pada siang hari dan malam hari bisa mencapai 0 derajat celsius.

via GIPHY

Lokasi wisata ini menyuguhkan pemandangan asri dengan masih banyak pepohonan yang ada di sekitarnya. Suasana ini nampaknya yang menjadikan Ranca Upas selalu penuh didatangi para pengunjung di akhir pekan.

Kalau kamu tertarik datang ke Ranca Upas, kamu perlu membayar tiket masuk Rp10 ribu per orang. Untuk parkir kendaraan, motor dikenakan biaya Rp2 ribu, mobil Rp4 ribu, dan bus Rp20 ribu.

Baca juga: “Museum Nasional Jakarta, Wisata Edukatif yang Kian Modern

Para pengunjung yang datang ke Ranca Upas juga bisa melihat penangkaran rusa dan memberi makan rusa-rusa lucu ini. Lokasinya yang tidak jauh dari pusat Kota Jakarta, menjadikan Ranca Upas bisa jadi pilihan wisata akhir pekan bersama doi nih Gengs.

Yukkk, sat set sat set langsung ke Ranca Upas weekend nanti. Let’s goo…

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *