Tingkatkan Kunjungan Turis Olahraga, Indonesia Akan Luncurkan Visa Sport

Direktorat Jenderal Imigrasi akan membuat visa olahraga guna mempermudah kedatangan para suporter dari luar negeri.

197
0
Visa

Selama tahun 2023 ini Indonesia akan menjadi tuan rumah berbagai macam turnamen olahraga kelas dunia, salah satu di antaranya adalah Moto GP dan Piala Dunia U-20. Momentum ini memiliki potensi untuk menarik wisatawan mancanegara dalam jumlah yang besar.

Atas dasar ini, Direktorat Jenderal Imigrasi akan membuat visa olahraga guna mempermudah kedatangan para suporter dari luar negeri ini.

“Misalnya ada pertandingan di Indonesia, kalau mereka ingin mencari, kan ada jenisnya, supaya mereka mudah, di Google dicari gampang, mereka browsing gampang, ya ‘visa sport’ kan,” ucap Direktorat Jenderal Imigrasi, Bapak Silmy Karim, dilihat dari laman goodnewsfromindonesia.com.

Adapula visa sport ini memiliki tujuan untuk membantu para suporter dunia tidak kerepotan dengan urusan dokumen keimigrasian. Menurut Bapak Silmy Karim jangan sampai ada urusan dokumen yang menghambat kedatangan para tamu ini.

Ilustrasi passport/Unsplash

Ujung-ujungnya Indonesia jadi kehilangan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari pariwisata.

“Jadi kita permudah dengan visa sport,” tambah Bapak Silmy Karim.

Visa sport atau visa olahraga ini hanya satu dari sejumlah visa yang akan diluncurkan oleh Ditjen Imigrasi pada bulan Maret 2023 ini.

Ilustrasi passport/Unsplash

Saat ini, Kemenkumham juga sedang menyiapkan visa lain untuk mempermudah urusan keimigrasian bagi turis asing. Namun, ia tidak menjelaskan secara rinci kapan visa sport ini akan diluncurkan.

Walau demikian, Bapak Silmy memberikan kisi-kisi kalau dalam 100 hari ke depan akan diluncurkan beberapa visa. Saat ini, tim dari Kemenkumham sedang mengatur sistem agar pengguna bisa dengan mudah menggunakannya.

Baca juga: “Second Home Visa Mulai Berlaku di Indonesia, Cek Biaya dan Persyaratannya

“Jadi bulan ini, sebelum 100 hari ada beberapa visa baru yang akan kita luncurkan untuk orang asing,” tutup Bapak Silmy Karim. Semoga visa baru ini bisa cepat diluncurkan ya, gengs!

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *