Today in History: Jembatan Golden Gate di San Fransisco Dibangun

248
0
Today in History

Tanggal 5 Januari menjadi hari penemuan penelitian yang bisa kita nikmati sampai dengan hari ini. Selain itu, pada hari ini juga ada pembangunan beberapa bangunan yang menjadi ikon sebuah negara.

Golden Gate di Amerika Serikat menjadi sebuah bangunan ikonis yang harus kamu kunjungi ketika kamu datang ke San Fransisco, California. Namun, tahukah kamu kapan jembatan ini dibangun? Cari tahu di sini!

Selain itu, salah satu universitas terbaik di Indonesia juga merayakan hari ulang tahunnya hari ini. Petunjuknya: universitas ini berada di Malang, Jawa Timur. Selengkapnya kami bahas dalam “Today in History”.

Universitas Brawijaya Berdiri

Foto Universitas Brawijaya / Shutterstock

Universitas Brawijaya yang ada di Malang, Jawa Timur, berdiri pada 5 Januari 1963 dengan SK PTIP Nomor 1 Tahun 1963. Universitas ini pada awalnya sebuah universitas swasta yang hanya memiliki Fakultas Ekonomi dan Hukum.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu para tokoh merasa resah dengan kampus yang tidak berkembang dan membentuk sebuah yayasan untuk membawa Universitas Brawijaya kala itu ke arah yang lebih baik.

Pada awal berdirinya, Universitas Brawijaya memiliki empat fakultas, yaitu Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (FHPM), Fakultas Ekonomi, Fakultas Administrasi Niaga (FAN), dan Fakultas Pertanian (FP).

Kini, Universitas Brawijaya menjadi salah satu kampus terbaik yang ada di Indonesia. Brawijaya juga sudah mencetak berbagai lulusan yang terlibat dalam pembangunan negeri ini. Kerennnn! Selamat ulang tahun Universitas Brawijaya.

Penemuan Sinar X-Ray

Foto orang yang sedang diperiksa menggunakan sinar x-ray / Shiutterstock

Sinar X-Ray ditemukan oleh seorang fisikawan Wilhelm Conrad Rontgen pada 5 Januari 1896. Sinar ini digunakan dalam dunia kedokteran untuk melihat apa yang tersembunyi dari luar. Sinar-X adalah gelombang elektromagnetik yang bertindak mirip dengan sinar cahaya, tetapi pada panjang gelombang sekitar 1.000 kali lebih pendek daripada cahaya.

Penemuan dari Wilhelm ini menjadi keajaiban pada dunia medis dan Sinar-X menjadi alat diagnostik penting dalam kedokteran, memungkinkan dokter untuk melihat ke dalam tubuh manusia untuk pertama kalinya tanpa operasi.

Jembatan Ikonis Amerika Golden Gate Dibangun

Foto Golden Gate di San Fransisco / Shutterstock

Tanggal 5 Januari 1933 menjadi hari yang penting untuk sejarah pembangunan di Amerika dan dunia. Pasalnya, sebuah jembatan dengan galian 3,25 juta kaki kubik dibangun dan diberi nama Golden Gate.

Tak sampai di situ, Golden Gate juga menjadi jembatan yang menghubungkan semenanjung San Fransisco dengan ujung selatan Marin County. Menariknya, pembangunan jembatan yang memiliki warna oranye ini, hanya membutuhkan waktu empat tahun saja. Hal ini dianggap sebagai keajaiban teknik yang luar biasa sepanjang sejarah. Apakah kamu sudah pernah berfoto dengan Golden Gate?

Planet Kerdil Ditemukan di Sistem Taya Surya

Foto planet kerdil Eris / Shutterstock

Sejarah hari ini mencatat penemuan yang sangat luar biasa oleh para peneliti astronomi dunia. Eris, sebuah planet kerdil, ditemukan pada 5 Januari 2005 oleh para peneliti dari Amerika Serikat. Eris juga menjadi salah satu planet kerdil terbesar di sistem tata surya kita.

Eris memiliki karakter yang sama dengan planet lain yang mengorbit mengelilingi matahari dan berotasi terhadap sumbunya sendiri. Satu hari di Eris adalah 25,9 jam. Sedang setahun di Eris adalah 557 tahun bumi.

Baca Juga: “Today in History: Burj Khalifa Dibuka untuk Umum Tahun 2010

Planet kerdil Eris juga memiliki bulan kecil yang diberi nama Dysnomia. Dysnomia sendiri mengorbit mengelilingi Eris selama 16 hari.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *