Today in History: Milad Muhammadiyah, Sampai Hari Kelahiran Jung Jin-young

Tepat hari ini, salah satu organisasi agama terbesar di Indonesia, Muhammadiyah, merayakan milad yang ke-110.

162
0
Muhammadiyah

Tanggal 18 November diperingati sebagai hari besar dari peristiwa bersejarah yang ada di Indonesia dan dunia. Tepat pada hari ini, salah satu organisasi agama terbesar di Indonesia, Muhammadiyah, merayakan milad yang ke-110.

Tidak hanya itu, salah aktor Korea Selatan Jung Jin-young juga merayakan hari kelahirannya tepat pada tanggal 18 November.

Tidak berhenti sampai di situ, “Today in History” akan memberikan ringkasan lengkap tentang peristiwa bersejarah yang terjadi pada 18 November.

Milad Muhammadiyah

Ilustrasi KH Ahmad Dahlan / Sumber: MAN 3 Jakarta

Muhammadiyah merupakan salah satu organisasi agama terbesar yang ada di Indonesia. Mengutip dari laman resmi Muhammadiyah, organisasi ini lahir di Kauman, Yogyakarta, pada 18 November tahun 1912 oleh KH Ahmad Dahlan.

Sang pendiri, KH Ahmad Dahlan adalah seorang kesultanan Yogyakarta yang juga merupakan seorang khatib dan pedagang. Latar belakang dari didirikannya Muhammadiyah berangkat dari keprihatinan Ahmad Dahlan yang melihat keadaan umat Islam berada dalam keadaan jumud dan penuh dengan amalan yang bersifat mistik saat itu.

Beliau pun tergerak untuk mengajak para umat ini untuk kembali kepada ajaran Islam yang sebenarnya, berdasarkan kepada Alquran dan Hadits. Beliau pun memberikan pengertian keagamaan di rumahnya.

Pada awalnya, ajaran yang diberikan oleh KH Ahmad Dahlan ini ditolak. Namun, berkat ketekunan dan kesabaran beliau, akhirnya perjuangan KH Ahmad Dahlan mendapat sambutan dari keluarga dan orang-orang terdekat.

Dalam waktu yang cukup singkat, penyebaran yang dilakukan KH Ahmad Dahlan bahkan menyebar sampai ke luar Pulau Jawa. Profesinya yang juga sebagai pedagang sangat mendukung penyebaran ini.

Pada tanggal 18 November 1912, KH Ahmad Dahlan mendirikan Persyarikatan Muhammadiyah untuk mengorganisasi kegiatan ini. Beliau memimpin Muhammadiyah selama 10 tahun hingga tahun 1922.

Hari Kelahiran Jung Jin-young

B1A4 Jinyoung
B1A4 Jinyoung / Sumber foto: Instagram @jinyoung0423)

Salah satu artis kenamaan asal Korea Selatan, Jung Jin-young, merayakan hari ulang tahunnya pada hari ini, tanggal 18 November. Pria dengan nama panggung Jinyoung ini lahir di Cheongju, Provinsi Chungcheongbuk, Korea Selatan.

Jin Young memulai kariernya sebagai penyanyi, dan menjadi bagian dari boyband ternama B1A4 pada tahun 2011 silam. Ia menunaikan wajib militernya pada tahun 2019 sampai 2021. Setelah menyelesaikan wajib militer, ia kembali sebagai aktor dan bermain untuk berbagai macam serial drama dan film yang diproduksi di Korea Selatan.

Pada 2016, Jinyoung mendapatkan penghargaan Best New Actor pada gelaran KBS Drama Awards berkat penampilannya sebagai Kim Yoon-sung dalam serial drama Love in the Moonlight. Penghargaan tersebut semakin mengharumkan namanya sebagai seorang aktor berbakat, dan membuatnya terus menggali potensinya sebagai pelaku seni. Happy birthday, Jinyoung!

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *