Tren yang Biasa Muncul di Bulan Ramadan, SOTR Sampai Ngabuburit

Mulai tanggal 23 Maret 2023, Indonesia akan memasuki bulan suci Ramadan selama sebulan penuh.

247
0
Bulan Ramadan

Sebentar lagi Bulan Ramadan akan segera tiba, mulai tanggal 23 Maret 2023, Indonesia akan memasuki bulan suci Ramadan selama sebulan penuh. Pada Bulan Ramadan ini pula banyak tren tahunan yang akan muncul ke publik.

Tren ini hanya ditemukan pada Bulan Ramadan saja, semisal tren iklan sirup. Jangan kaget jika banyak brand sirup yang akan memasang iklannya baik di TV, media sosial, ataupun secara offline ketika Bulan Ramadan datang.

via GIPHY

Selain itu, adapula iklan sarung yang banyak digunakan masyarakat untuk kegiatan keagamaan seperti tarawih dan lain sebagainya. Menjelang puncak perayaan Idul Fitri, penjualan sarung pun ikut meningkat, dan ini dimanfaatkan oleh brand sarung untuk memasang iklan sebelum hari itu datang.

Untuk mengingat lagi kenangan kamu tentang tren yang akan terjadi pada Bulan Ramadan, OPPAL akan memberikan ulasannya di bawah ini. Keep scrolling ya, gengs!

Tiba-Tiba Ada Iklan Sirup

Bulan Ramadan memang identik dengan kemunculan iklan sirup. Biasanya, iklan ini banyak ditayangkan di TV nasional menjelang jam buka puasa. Dimulai dari jam 15.00 WIB sampai dengan jam 18.00 WIB.

Kemunculan iklan sirup ini menjadi tren yang hanya terjadi pada Bulan Ramadan saja, jarang sekali ada iklan sirup di luar Bulan Ramadan. Ini menjadikan momentum untuk brand sirup memberikan iklan terbaiknya dan menarik minat masyarakat untuk membeli sirup.

Tren Iklan Sarung

Sarung menjadi kebutuhan utama para lelaki muslim di Bulan Ramadan. Mungkin, hal ini yang menjadikan banyak kemunculan iklan sarung di TV nasional maupun billboard pinggir jalan.

Banyak brand sarung yang berlomba memberikan iklan yang eye catching untuk menarik para konsumennya. Kamu tim Gajah Duduk atau Waldimor nih, gengs?

Sahur On The Road (SOTR)

Ilustrasi malam di kota/Unsplash

Momen bulan suci Ramadan juga banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berbagi kepada sesamanya. Oleh karenanya, Sahur On The Road (SOTR) menjadi tren yang ada pada bulan puasa saja.

Kegiatan ini biasanya dilakukan menjelang sahur dan dimulai dari tengah malam tepat pukul 00.00 WIB. Sekelompok orang akan berkeliling untuk memberikan makanan sahur kepada orang yang membutuhkan, seperti tuna wisma dan lain sebagainya.

Bermunculan Para Penjual Takjil

Foto para penjual takjil yang ada pada bulan puasa/Unsplash

Menjelang buka puasa, kamu suka terjebak macet karena banyak tukang jajanan? Yes, para pedagang ini adalah penjual takjil yang hanya muncul di Bulan Ramadan saja. Meski sering menyebabkan macet, tren penjual takjil ini suka dirindukan juga kalau bulan puasa sudah selesai.

Makanan yang disajikan para pedagang ini bermacam-macam, mulai dari gorengan sampai dengan berbagai minuman dingin dan es dingin yang begitu beragam. Kalau mimin sih, sukanya jajan kue lupis, kalau kamu?

Muncul Istilah Ngabuburit

Kemacetan yang terjadi akibat aktivitas ngabuburit/Unsplash

โ€œEh, ngabuburit, yukโ€, kalimat ajakan ini pasti sering sekali kamu dengar pada saat bulan puasa datang. Ngabuburit merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan bersama teman menjelang buka puasa.

Kegiatan ini juga bisa kamu lakukan bersama dengan keluarga untuk sekadar mencari takjil jelang buka puasa. Waktu buka puasa pun jadi tak terasa kalau kamu menjalani aktivitas ngabuburit bareng teman atau keluarga.

Salat Tarawih

Ilustrasi salat tarawih/Unsplash

Salat Tarawih menjadi hal wajib yang harus dilakukan pada saat Bulan Ramadan. Salat ini umumnya dilakukan usai Salat Isya. Aktivitas keagamaan ini juga menjadi tren yang hanya ada pada bulan puasa saja.

Kalau sudah tidak bulan puasa, kamu pasti merindukan salat tarawih ini kan, gengs.

Itulah beberapa tren yang biasa muncul di bulan puasa, tren mana nih yang paling kamu tunggu? Asal jangan perang sarung, ya! ๐Ÿ˜Š

Baca juga: “Bukan Mie Instant, Ini 5 Makanan Sahur Cepat Saji Buat Anak Kosan di Bulan Ramadan

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *