Weekly News Wrap Up: Ada Revitalisasi, Beberapa Rute TransJakarta Alami Perubahan

Ada juga informasi mengenai SEA Games 2023 dan konser Coldplay di Jakarta, simak!

75
TransJakarta

Rise and shine, gengs! Apakah akhir pekanmu menyenangkan? Menyambut hari Senin, yuk kita lirik kembali beberapa informasi penting dan menarik selama seminggu kemarin dalam “Weekly News Wrap Up”. Keep scrolling!

Ada Revitalisasi, Beberapa Rute TransJakarta Alami Perubahan

halte harmoni

PT Transportasi Jakarta atau TransJakarta mengumumkan bahwa akan ada perubahan layanan rute terkait dengan revitalisasi yang akan dilakukan di beberapa halte. Nantinya akan ada total 10 halte TransJakarta yang direvitalisasi. Kalau kamu menggunakan TransJakarta setiap hari, berikut ini daftar halte TransJakarta yang mengalami revitalisasi serta perubahan rute yang harus kamu ketahui.

Kembali Lakukan Tilang Manual, Polda Metro: Banyak Pelanggar Tak Tercover E-TLE

Tilang Manual

Ditlantas Polda Metro Jaya kembali akan memberlakukan tilang manual di wilayah hukum Polda Metro. Pemberlakuan kembali aturan ini adalah karena banyaknya pelanggaran yang tidak ter-cover oleh E-TLE atau sistem tilang online. Informasi selengkapnya mengenai tilang manual dapat kamu baca di sini.

LRT Mulai Diuji Coba Gratis Sebulan dari Juli hingga Agustus 2023

Foto gerbong LRT Jabodetabek/lrtjakarta.co.id

Masa uji coba atau yang biasa disebut sebagai trial run moda transportasi umum LRT atau Lintas Raya Terpadu Jabodetabek akan segera diadakan dengan mengikutsertakan masyarakat. Uji coba penumpang ini akan dilaksanakan mulai dari bulan Juli mendatang hingga secara resmi beroperasi pada 17 Agustus 2023. Uji coba bersama penumpang nantinya tidak akan dikenakan biaya alias gratis. Buat kamu yang pengin mencoba, berikut rute uji coba LRT Jabodetabek yang akan digelar.

Atasi Kemacetan, Dishub DKI Jakarta dan Google Kerjasama Buat Sistem Kerja AI

Potret Kota Jakarta/Unsplash

Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Google Indonesia saat ini sedang bekerja sama mengembangkan sebuah sistem AI untuk mengurangi kemacetan yang ada di Ibu Kota. Strategic Partnerships Google Indonesia, Mbak Galuh Rohmah, mengatakan proyek ini nantinya akan mengoptimalkan fungsi lampu lalu lintas yang ada. Harapannya, proyek ini akan mengurangi kemacetan, konsumsi bahan bakar dan emisi kendaraan. Simak wawancara eksklusif OPPAL dengan Google mengenai kerja sama Dishub DKI Jakarta dan Google di sini.

Tutup SEA Games 2023 Kamboja, Indonesia Raih 87 Emas, 80 Perak, 109 Perunggu

SEA Games 2023

Seluruh pertandingan di SEA Games 2023 Kamboja dari semua cabang olahraga telah berakhir, Selasa (16/5). Tim Indonesia menutup SEA Games 2023 Kamboja dengan menempati posisi ketiga klasemen akhir perolehan Pasukan Merah-Putih sukses menyabet 276 medali, dengan raihan 87 emas, 80 perak, dan 109 perunggu. Banyak sejarah tercipta di SEA Games Kamboja kali ini, berikut detail lebih lengkapnya mengenai perolehan medali yang berhasil dimenangkan oleh para atlet Indonesia.

Kirab Juara Atlet SEA Games 2023, Masyarakat Tumpah Ruah Sepanjang Jalan Sudirman

Suasana Kirab Juara di Jalan Jenderal Sudirman/Dok.OPPAL

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melakukan Kirab Juara para atlet SEA Games 2023 Kamboja yang baru saja pulang. Kirab Juara ini dilakukan untuk menyambut seluruh para atlet yang sudah berjuang mengharumkan nama bangsa di Kamboja pada Jumat (19/5).

Para atlet Timnas U-22 Indonesia pun jadi salah satu atlet yang paling favroit dalam kirab tersebut. Simak keseruan Kirab Juara yang digelara oleh Kemenpora lewat artikel berikut.

Pedang Bermata Dua Itu Bernama Artificial Intelligence

Artificial Intelligence
Foto ilustrasi Artificial Intelligence/Unsplash

Artificial Intelligence atau AI kini semakin ramai dibicarakan. Selain menjadi terobosan terbaru yang penggunaannya makin banyak kita temukan dalam keseharian, teknologi tersebut juga memudahkan kita dalam melakukan banyak aktivitas.

Meski begitu, di sisi lain, AI dipandang sebagai teknologi terbaru yang dapat mengancam pekerjaan manusia. Apakah benar AI seberbahaya itu? Lantas, seberapa penting AI dalam kehidupan manusia? Simak penjelasan lengkap mengenai AI dan peran mereka dalam keseharian manusia di sini.

Kamu Kena Tilang ETLE? Jangan Panik, Ini Langkah yang Harus Dilakukan

Foto pengendara dan kamera ETLE di lampu merah / shutterstock

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya resmi sudah memberlakukan sistem tilang elektronik atau ETLE pada 1 November 2018 kemarin. Pengemudi yang melanggar lalu lintas akan terekam kamera CCTV. Kemudian, polisi akan melakukan verifikasi terhadap kendaraan tersebut.

Bagi kamu yang kena tilang ETLE, berikut langkah yang harus kamu lakukan untuk mengurus kendaraanmu.

Liburan Asyik ke Malaysia Via Jalan Tol Pekanbaru–Dumai, Begini Caranya

Jalan tol kini memang sudah menjadi salah satu fasilitas umum yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Terbaru, kamu bisa jalan-jalan ke Malaysia menggunakan jalur darat via Tol Dumai–Pekanbaru, lho! Penasaran? Begini caranya, check ‘em out!

Apakah Akan Ada Konser Coldplay Music of the Spheres Day 2 di Jakarta?

Coldplay
Coldplay

Buat kamu Oppal gengs yang ikutan ticket war konser Coldplay bertajuk “Music of the Spheres World Tour” di Indonesia kemarin, how was it? Berhasilkah kamu? Berdasarkan informasi yang diunggah oleh PK Entertainment melalui akun Instagram resmi @pkentertainment.id, seluruh tiket konser Coldplay yang dijual sejak pre-sale pada tanggal 17 Mei 2023 kemarin resmi sold out. Melihat besarnya antusiasme masyarakat Indonesia, apakah akan ada konser Coldplay hari kedua di Jakarta? Simak jawabannya di sini.

Itu dia rangkuman berita yang paling banyak menarik perhatian selama seminggu kemarin. Semoga tak ada berita yang kamu lewatkan, ya! Let’s start this week with some positivity, Oppal gengs!

Alvin
WRITTEN BY

Alvin

Lifestyle and Entertainment Editor at Oppal, who mainly obsesses over all things pop culture, pizza, and boba drinks with equal enthusiasm. Covering everything from celebrities profile to the best TV shows.