Weekly News Wrap Up: Penyesuaian Harga BBM Hingga Mulainya Era TV Digital

Yuk, mulai minggu ini dengan melirik wrap up news berbagai peristiwa yang terjadi di pekan lalu

309
0
TV Digital

Selamat hari Senin, gengs! Semoga akhir pekanmu kemarin menyenangkan, ya. Yuk, mulai minggu ini dengan melirik kembali berbagai peristiwa penting yang terjadi selama seminggu kemarin dalam “Weekly News Wrap Up”. Mulai dari penyesuaian harga BBM di Pertamina dan Shell, program Bantuan Subsidi Upah dari pemerintah, hingga mulainya era TV Digital. Untuk berita-berita lainnya, berikut ini Oppal mengumpulkan sederet informasi yang paling banyak menarik perhatian selama seminggu kemarin lewat “Weekly News Wrap Up”. Keep scrolling!

Kamera ETLE di Mobil Patroli Polisi Mampu Rekam Pelanggaran Lalu Lintas

Kamera Tilang Elektronik
CCTV Traffic Light/Shutterstock

Demi mengawasi ketertiban lalu lintas, Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya akan menyiapkan 10 kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) mobile. Hal ini juga dilakukan pasca ditiadakannya tilang manual.

Kamera ETLE mobile tersebut akan dibawa petugas berkeliling untuk merekam pelanggaran lalu lintas. Kamera ini juga masih dalam tahap proses persiapan dan akan diluncurkan pada 6 Desember 2022.

Selain itu, kamera ETLE mobile ini akan dipasang di mobil patroli polisi lalu lintas khusus. Mobil patrol tersebut akan berkeliling ke sejumlah titik, terutama untuk yang tak terjangkau kamera ETLE statis. Baca lebih lanjut kecanggihan kamera ETLE di sini.

Penyesuaian Harga BBM di Pertamina dan Shell

PT Pertamina dan Shell pada Selasa, 1 November 2022, kompak menyesuaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) berbagai jenis. Pertamina dalam hal ini menurunkan harga satu jenis BBM, sedangkan Shell menurunkan harga tiga jenis BBM dan menaikkan harga satu jenis Bahan Bakar Minyak lainnya. Selengkapnya mengenai harga BBM terbaru per 1 November 2022 dapat dibaca di sini.

Bantuan Subsidi Upah: Pengertian, Alasan Dikeluarkan, dan Syarat Mendapatkannya

Program Bantuan Subsidi Upah (BSU) adalah implementasi yang dilakukan pemerintah dalam upaya melakukan pemulihan ekonomi nasional dalam rangka memberikan dan mendukung kebijakan keuangan negara untuk penanganan Covid-19 yang terjadi pada awal tahun 2020 silam.

BSU juga merupakan bagian dari stimulus pemerintah yang telah dikoordinasikan dan dibahas oleh Tim Satfas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan kementerian serta lembaga terkait seperti Kementerian BUMN, Kementerian Tenaga Kerja, dan BPJS Ketenagakerjaan/BPJamsostek. Berikut syarat untuk mendapatkan BSU dari pemerintah.

Warga yang Gagal Ujian SIM Kini Bisa Coba Ulang di Hari yang Sama

SIM Indonesia

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi membuat aturan bagi warga yang gagal saat melakukan tes ujian pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM), maka mereka boleh mengulang di hari yang sama.

Instruksi tersebut tertuang dalam Surat Telegram (ST) Nomor: ST/2386/X/YAN.1.1/2022 tanggal 31 Oktober 2022 yang ditandatangani Kakorlantas Polri Irjen Firman Santyabudi.

Seperti yang tertulis di Surat Telegram tersebut, ujian ulang bisa dilakukan sebanyak dua kali dalam rentang waktu yang ditentukan. Selain itu, Pak Kapolri juga meminta Satpas untuk menyediakan pelatihan bagi calon peserta ujian ataupun peserta yang akan melaksanakan ujian ulang. Selengkapnya mengenai aturan terbaru ujian SIM dapat dibaca di sini.

Selamat Jalan TV Analog, Mari Mulai Era Siaran Digital

Pemerintah lewat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) resmi menonaktifkan siaran TV analog atau analog switch off (ASO) pada Rabu, 2 November 2022 pukul 00.00 WIB. Hal ini langsung disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate pada saat prosesi hitung mundur penghentian siaran televisi analog di Jabodetabek.

Berikut alasan mengapa Kominfo mengambil langkah tersebut, serta deretan kelebihan dan cara mengubah siaran TV menjadi siaran digital.

Itu dia wrap up news yang paling banyak menarik perhatian selama seminggu terakhir. Semoga tak ada berita yang kamu lewatkan, ya! Have a nice week, Oppal gengs!

Alvin
WRITTEN BY

Alvin

Lifestyle and Entertainment Editor at Oppal, who mainly obsesses over all things pop culture, pizza, and boba drinks with equal enthusiasm. Covering everything from celebrities profile to the best TV shows.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *