Wow, Indonesia Ternyata Produsen Boneka Barbie Terbesar di Dunia!

414
0

Boneka Barbie merupakan mainan yang banyak digemari, terutama oleh anak-anak perempuan di seluruh dunia. Namun, tahukah kamu, bahwa pasokan boneka Barbie ternyata diproduksi oleh PT Mattel Indonesia? Bahkan, Indonesia juga dikatakan sebagai produsen boneka Barbie terbesar di dunia!

PT Mattel Indonesia memasok 60% boneka Barbie ke pasar global. Jumlah pasokan tersebut mengungguli negara maju seperti Tiongkok dalam hal produksi.

Bapak Airlangga Hartarto yang kini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia menanggapi hal tersebut. “6 dari 10 boneka yang beredar di dunia itu berasal dari Indonesia, dibuat dengan tangan-tangan terampil anak bangsa kita,” kata Bapak Airlangga.

Selain itu, Pak Airlangga juga mengatakan, industri mainan di Indonesia menjadi salah satu sektor manufaktur yang mampu memberikan kontribusi signifikan bagi perekenomian Indonesia.

Hal itu bisa dilihat dari capaian nilai ekspor mainan anak-anak yang tembus hingga US$ 319,93 juta pada tahun 2018 atau naik 5,79% disbanding pencapaian tahun 2017.

Di samping itu, pabrik yang memproduksi boneka Barbie pun sudah mengaplikasikan teknologi industri 4.0 dalam prosesnya, sehingga mampu memproduksi boneka Barbie yang berkualitas dengan adanya kemampuan keahlian teknik lokal yang memiliki inovasi luar biasa lewat cara membuat mesin canggih sendiri.

Sebagai produsen merek Barbie, PT Mattel Indonesia telah menyerap 10 ribu tenaga kerja. Adapun nilai ekspor PT Mattel dalam kurun waktu lima tahun terakhir berkisar US$ 150 juta atau lebih dari 2 triliun rupiah per tahunnya.

Tidak hanya boneka Barbie, PT Mattel Indonesia ternyata juga memiliki pabrik yang memproduksi mobil mainan Hot Wheels. Pabrik ini memiliki kapasitas produksi mencapai 50 juta unit per tahunnya.

Bahkan, pabrik Hot Wheels yang ada di Cikarang ini merupakan industri mobil mini dengan kapasitas 50 kali lebih besar dari industri otomatif. Hot Wheels merupakan mobil mainan diecast yang terbuat dari bahan logam yang dicetak.

Hmm, apakah ini berarti mainan boneka Barbie dan Hot Wheels yang ada di rumah kita juga buatan Indonesia? Brb checking.

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *