Wrap Up News 29 September 2022: TMII Direnovasi, Hingga Farwiza Farhan Masuk TIME 100

Sebelum menyambut weekend, yuk, simak peristiwa menarik yang terjadi kemarin, ada TMII yang melakukan peremajaan, hingga Farwiza Farhan yang masuk TIME 100 2022.

311
0
TMII

Akhir pekan sudah di depan mata! Sebelum menyambut weekend, yuk, simak terlebih dahulu beberapa peristiwa menarik yang sempat terjadi kemarin, 29 September 2022. Beberapa di antaranya ada TMII yang melakukan peremajaan diri dalam rangka menyambut KTT G20, serta sosok Farwiza Farhan yang masuk dalam daftar TIME 100 tahun 2022 berkat sepak terjangnya sebagai aktivis lingkungan di Aceh. Selengkapnya bisa kamu baca di bawah ini:

  • TMII Siap Sambut KTT G20 Lewat Sejumlah Perubahan

Pemerintah lewat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang menyelesaikan renovasi di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang berlokasi di Bambu Apus, Jakarta Timur.

Renovasi ini merupakan arahan langsung dari Presiden Jokowi untuk mempersiapkan sejumlah infrastruktur jelang Presidensi Indonesia dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada Oktober mendatang.

Nantinya, TMII akan dijadikan sebagai lokasi jamuan makan malam anggota G20 yang akan datang ke Jakarta. Tujuan lain dari renovasi ini adalah untuk meningkatkan pelayanan TMII sebagai salah satu destinasi wisata masyarakat Indonesia, tak hanya Jakarta. Selengkapnya mengenai perubahan di TMII dapat dibaca di sini.

  • Jakarta Hadirkan Instalasi Gabungan Unsur Seni dan Edukasi Bernama JSX

Jakarta terus mempercantik diri dengan menghadirkan pengalaman baru untuk meningkatkan kualitas pariwisata lewat Jakarta Street Experience (JSX). Hadirnya JSX merupakan sebuah inisiasi dari Jakarta Experience Board (JXB) guna melengkapi fasilitas pariwisata urban dan meningkatkan kota Jakarta.

JSX sendiri diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Bapak Anies Baswedan, di Taman Ismail Marzuki (TIM), pada Senin, 26 September 2022. Pak Anies mengharapkan dengan adanya JSX, orang-orang yang berkunjung ke Jakarta bisa merasakan pengalaman yang lebih seru dibanding sebelumnya. Informasi lengkapnya mengenai JSX bisa dibaca di sini.

  • 10 Jenis Batik Populer di Indonesia Beserta Filosofinya yang Perlu Kamu Ketahui
Batik
Batik (Photo by Mahmur Marganti on Unsplash)

Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang harus dilestarikan. Alasannya, batik memiliki banyak ciri khas, makna, serta filosofi baik yang terkandung di dalamnya.

UNESCO juga telah menetapkan batik Indonesia sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi pada 2 Oktober 2009, sehingga momen tersebut dijadikan sebagai peringatan Hari Batik Nasional.

Penetapan ini juga bukan tanpa alasan, UNESCO menghargai keberagaman batik Indonesia hingga proses pembuatan batik yang cukup panjang dan lama. Yuk, cari tahu 10 batik paling populer di Indonesia, beserta asal muasalnya di sini.

  • Farwiza Farhan, Aktivis Lingkungan Aceh yang Masuk Daftar Sosok Inspiratif TIME 2022
Farwiza Farhan

Indonesia patut berbangga memiliki perempuan asal Aceh bernama Farwiza Farhan. Pasalnya, perempuan yang aktif dalam konservasi di ujung barat Indonesia ini masuk ke dalam daftar TIME 100 Next 2022 kategori leaders.

Daftar yang dirilis oleh salah satu majalah terkemuka ini berisikan sosok-sosok inspiratif yang berasal dari seluruh dunia. Dikutip dari laman nationalgeographic.org, Farwiza Farhan adalah seorang konservasionis hutan yang bekerja untuk melindungi, melestarikan, dan memulihkan Ekosistem Leuser di Sumatra, Indonesia. Simak kisah Farwiza Farhan dalam melindungi ekosistem alam Leuser di sini.

Itu dia rangkuman berita untuk beberapa informasi yang terjadi kemarin, 29 September 2022­. Semoga tak ada informasi yang kamu lewatkan, ya.

Alvin
WRITTEN BY

Alvin

Lifestyle and Entertainment Editor at Oppal, who mainly obsesses over all things pop culture, pizza, and boba drinks with equal enthusiasm. Covering everything from celebrities profile to the best TV shows.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *