Wrap Up News 4 November 2022: Penyesuaian Harga Cukai Tembakau Hingga Guru Besar UII Masuk Daftar Peneliti Terbaik Dunia

Sambil bersantai menyambut akhir pekan, yuk baca wrap up news 4 November 2022 kemarin.

202
0
Pajak

Happy weekend, gengs! Sambil bersantai menyambut akhir pekan, yuk baca kumpulan berita menarik yang terjadi pada 4 November 2022 kemarin supaya kamu tak ketinggalan informasi. Mulai dari pemerintah lakukan penyesuaian harga untuk cukai tembakau, hingga guru besar UII masuk daftar peneliti terbaik dunia. Selengkapnya dapat kamu baca di wrap up news berikut:

Alasan Pemerintah Sesuaikan Harga Cukai Tembakau di Tahun 2023

Melansir dari website setneg.go.id, pemerintah akhirnya memutuskan untuk menyesuaikan tarif cukai hasil tembakau (CHT) untuk rokok sebesar 10 persen pada tahun 2023 dan 2024. Hal ini ditentukan usai rapat bersama yang diadakan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, pada Kamis, 3 November 2022.

Selain itu, Presiden Jokowi juga meminta adanya penyesuaian terhadap rokok elektrik dan produk hasil tembakau lainnya (HPTL). Untuk rokok elektrik, Sri Mulyani mengatakan kenaikan tarif cukai akan terus berlangsung setiap tahun selama lima tahun ke depan. Selengkapnya mengenai harga cukai tembakau terbaru di tahun 2023 dapat dibaca di sini.

Guru Besar UII Masuk Daftar Peneliti Terbaik Dunia

Prof Is Fatimah
Prof. Is Fatimah / Sumber foto: uii.ac.id

Salah satu Guru Besar Universitas Islam Indonesia (UII), Prof. Dr. Is Fatimah SSi, MSi, masuk ke dalam jajaran peneliti terbaik dunia versi Stanford University dengan tajuk “Top 2% World Ranking Scientist”. Profesor dalam bidang MIPA ini menjadi salah satu wakil Indonesia yang bertengger di ajang bergengsi tersebut. Berikut daftar prestasi yang sempat diraih oleh Prof. Fatimah yang membuatnya pantas masuk dalam Top 2% World Ranking Scientist.

Kisah Haru Sopir Ojol Jadi Pahlawan Keluarga, Belikan Blender untuk Ibu

Kisah haru sekaligus inspiratif datang dari seorang pengemudi ojek online (ojol) yang tidak tega melihat blender yang digunakan ibunya untuk berjualan rusak. Berbekal semangat dan niat mulia, pria ini berhasil mewujudkan mimpinya dalam sehari untuk membelikan ibunya blender baru.

Simak kisah lengkap perjuangan sang sopir ojol yang inspiratif di sini.

Kain Tenun Sumba Menyimpan Banyak Cerita

Febrian Star Editor

Daerah Sumba di Nusa Tenggara Timur tidak hanya dikenal akan alamnya yang indah dan menawan, tapi juga kerajinan kain tenun Sumba yang sangat cantik. Di balik kemolekan kain tenun Sumba tersebut, tahukah kamu bahwa kain tenun dari daerah Sumba ternyata menyimpan berjuta cerita?

Secara garis besar, kain tenun di Sumba dibagi menjadi dua jenis, yaitu kain tenun yang dibedakan menurut tempat asal pembuatannya: Sumba Timur dan Sumba Barat.

Ada beberapa versi cerita rakyat yang berkembang dan menyebar di kalangan masyarakat lokal mengenai perbedaan kedua kain Tenun Sumba tersebut. Untuk kamu yang ingin mengetahui kisahnya, simak tulisan yang dibuat oleh Star Editor OPPAL, Febrian, di sini.

Itu dia rangkuman berita untuk beberapa informasi yang terjadi kemarin, 4 November 2022­. Semoga tak ada informasi yang kamu lewatkan, ya gengs. Have a nice weekend!

Alvin
WRITTEN BY

Alvin

Lifestyle and Entertainment Editor at Oppal, who mainly obsesses over all things pop culture, pizza, and boba drinks with equal enthusiasm. Covering everything from celebrities profile to the best TV shows.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *