Yuk, Kenalan Sama NewJeans, Girl Group K-pop yang Sedang Populer

Perkenalkan, yang sedang hangat dari belantara dunia musik Korea Selatan: NewJeans

234
0

Stay in the middle,

Like you a little,

Don’t want no riddle,”

Penggemar K-pop atau bukan, penggalan lagu di atas pasti pernah kamu dengar belakangan ini. Well, okay, bagi kamu yang bukan fans K-pop, kamu mungkin tidak langsung paham hanya dengan membaca liriknya, tapi kalau kamu memutar lagu berjudul “Ditto” dari girl group bernama NewJeans saat ini (lewat Spotify misalnya, atau mencari video mereka di YouTube), kamu pasti paham apa yang sedang OPPAL bahas kali ini.

Perkenalkan, yang sedang hangat dari belantara dunia musik Korea Selatan: girl group pendatang baru bernama NewJeans. Dan ya, lagu teranyar mereka “Ditto”dengan melodinya yang catchy dan easy listening, sukses membikin para pencinta musik di seluruh dunia ketagihan.

Meski masih terbilang rookie (pendatang baru), namun grup beranggotakan lima orang perempuan ini berhasil mengguncang dunia musik dan menjadi ikon baru bagi para perempuan muda di umur belasan hingga 20-an.

Pertanyaannya, apa yang membuat mereka bisa sesukses sekarang?

Aktif di Industri Hiburan

Sebelum resmi debut sebagai satu grup, beberapa anggota NewJeans telah aktif di industri hiburan Korea terlebih dahulu. Danielle, yang merupakan keturunan Korea-Australia, sebelumnya bergabung dalam variety show Rainbow Kindegarten dari tvN. Hyein, maknae (anggota termuda) dari NewJeans, ternyata pernah menjadi anggota dari grup musik cilik U.SSO Girl di tahun 2017. Di sisi lain, Hanni dan Minji pernah menjadi cameo dalam video musik BTS bertajuk “Permission to Dance”. Bisa dibilang, hampir seluruh anggotanya telah terbiasa dengan ritme dunia hiburan.

Debut Cemerlang dengan Konsep Berbeda

Tentu saja, keberhasilan yang didapatkan NewJeans saat ini diraih dengan bantuan “tangan-tangan” profesional di baliknya. Berada di bawah naungan ADOR, sub label yang bergerak di bawah HYBE Corporation – agensi yang juga menangani supergrup BTS – NewJeans melakukan debut dengan cara yang berbeda dibandingkan dengan grup-grup lainnya.

Beranggotakan Danielle, Minji, Hyerin, Haerin dan Hanni, NewJeans debut di bawah arahan Min Hee-jin, CEO ADOR, yang tadinya sempat bekerja sebagai creative director di SM Entertainment. Kemampuan Min Hee-jin sendiri memang luar biasa. Di bawah naungannya, grup-grup besar seperti Girls Generation, SHINee, EXO, dan Red Velvet sukses merajai berbagai tangga lagu.

Lalu, bagaimana cara NewJeans melakukan debutnya?

NewJeans / @newjeans_official

Tak ingin sama dengan idola K-pop lainnya, NewJeans melakukan debutnya justru tanpa ada pemberitahuan resmi.

Bayangkan, NewJeans bahkan tak merilis tanggal debut, tak merilis sneak peak album atau single, tak mengeluarkan teaser foto atau konsep debutnya, dan bahkan kemunculan perdananya tidak diumumkan oleh agensi.

Bisa dikatakan, NewJeans muncul begitu saja secara tiba-tiba di bursa industri K-pop. Hanya dengan mengandalkan kemampuan masing-masing dan membawa label ADOR (yang juga tergolong baru), NewJeans pun merilis video musik “Attention” pada Juli 2022 lalu, dilanjutkan dengan album bertajuk NewJeans pada awal Agustus 2022.

NewJeans / @newjeans_official

Hasilnya? Sungguh di luar dugaan. Performa lagu-lagu NewJeans berhasil menduduki peringkat tinggi di berbagai tangga lagu utama di Korea Selatan. Bahkan, grup ini sukses bertahan selama beberapa waktu saat BLACKPINK merilis lagu comeback mereka, “Pink Venom”.

Kemunculan mendadak mereka kemudian diikuti dengan sejumlah video musik untuk keseluruhan lagu b-side dari EP mereka. Lagu-lagu dengan melodi lintas genre bertemakan 2000-an pun berhasil “menyihir” para penggemar K-pop dengan pesonanya.

Sedikit berbeda dengan girl group lainnya yang biasa “didesain” sedemikian rupa untuk target penonton lelaki, NewJeans justru debut dengan target penonton perempuan muda. Berdesakan dengan sejumlah boygroup yang seakan berlomba menjadi sosok boyfriend ideal, NewJeans toh tetap berhasil mencuat dengan lagu-lagu bertema cinta remaja serta konsep fashion ala 2000-an yang kini digandrungi. Dengan berbagai faktor unggul, NewJeans berhasil mengalahkan para pesaingnya dengan mulus di awal karier mereka.

The Monster Rookie

NewJeans / @newjeans_official

Seperti yang disebutkan sebelumnya, lagu-lagu dari NewJeans melejit dan bertahan di berbagai tangga lagu ternama. Bahkan, NewJeans menjadi satu-satunya idol generasi keempat yang lagu-lagunya tembus posisi empat teratas dalam Spotify Daily Top Songs Korea Selatan, dengan “Attention” di posisi pertama, “Hype Boy” di urutan kedua, “Cookie” di posisi ketiga, dan “Hurt” di urutan keempat. Jika ditotal, keempat lagu tersebut berhasil diputar lebih dari 100 juta kali hanya dalam waktu 5 minggu setelah dirilis.

Bahkan, 2 jam setelah single “Ditto” rilis, lagu tersebut langsung meroket dan berada di peringkat pertama dalam tangga lagu TOP 100 MelOn (penyedia layanan musik digital terbesar di Korea Selatan). Hal ini menjadikan NewJeans sebagai girl group rilisan 2022 yang lagunya berhasil mencapai puncak chart dengan rekor tercepat.

Enggak berhenti di situ, NewJeans juga berhasil meraih Perfect All-Kill atau PAK – sebuah penghargaan bagi lagu yang mampu menjadi nomor satu secara real-time, daily dan weekly di waktu yang bersamaan – dengan lagu “Ditto”. Bahkan, mereka menjadi idol group perempuan nomor satu yang berhasil memegang rekor 390 PAK, mengalahkan seluruh girl group asal Korea Selatan yang pernah debut. A true “Monster Rookie”.

Mengoleksi Berbagai Penghargaan

NewJeans / @newjeans_official

Dengan genre musik pop R&B serta karakter natural mereka sebagai remaja yang ceria dan fun, NewJeans berhasil meraup banyak penghargaan dalam waktu singkat – termasuk penghargaan daesang (kategori terbaik).

Beberapa di antaranya adalah Performance of the Year dan Rookie of the Year dalam Asia Artist Awards 2022, Rookie Artist of the Year dalam Golden Disc Awards 2023 dan Digital Song Bonsang untuk “Attention”, Best New Artist dan Top 10 Artist dalam Melon Music Awards, hingga Hot Rookie Award dari The K-Billboard Awards.

What’s more? Melansir dari KBIzoom, harga saham HYBE naik sekitar 3,54 persen sehari sebelum mereka debut. Tak hanya sampai di situ, saham HYBE juga dikabarkan kembali melonjak hingga 4.50 persen ketika album NewJeans resmi dijual.

Dengan seluruh pencapaian di atas, tak aneh rasanya jika ke depannya NewJeans akan setting up a new record. Bagaimana menurutmu, Bunnies? Say it ditto!

Alvin
WRITTEN BY

Alvin

Lifestyle and Entertainment Editor at Oppal, who mainly obsesses over all things pop culture, pizza, and boba drinks with equal enthusiasm. Covering everything from celebrities profile to the best TV shows.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *