Buat Si Super Sibuk, Ini Olahraga yang Bisa Kamu Lakukan di Kantor

Mulai dari squat-lunge sampai chair dips, ini gerakan mudah untuk kamu praktikkan di kantor.

216
0
Olahraga

Banyak alasan bagi pekerja kantor untuk melupakan aktivitas olahraga. Mulai dari dikejar deadline, acara kantor yang menumpuk, hingga quality time bersama sahabat atau pasangan. Padahal, olahraga merupakan salah satu bagian terpenting untuk tetap menjaga kebugaran tubuh.

via GIPHY

Nah, untuk kamu yang super sibuk sampai tidak sempat berolahraga, ada beberapa gerakan olahraga sederhana yang bisa kamu lakukan di kantor pada saat jam istirahat kerja. Dikutip dari laman halodoc.com, gerakan-gerakan berikut cukup sederhana kok. Apa saja? Cek di sini.

Olahraga Beban Tubuh

Olahraga beban tubuh ini menjadi salah satu olahraga ringan yang bisa kamu lakukan di kantor. Gerakan yang satu ini cukup sederhana karena bisa kamu lakukan di mana saja tanpa membutuhkan alat-alat tertentu.

Caranya juga sangat mudah, tempatkan tangan kamu di tepi meja, lebarkan bahu, dan posisikan kaki agak menjauh dari meja. Lalu, dorong tubuh layaknya push up biasa dan lakukan sebanyak yang kamu bisa. Selain desk push up, ada pula olahraga beban lain yang bisa kamu coba, seperti push up, sit up, hingga jumping jack agar tubuh tetap bergerak.

Squat

Ilustrasi olahraga squat/Shutterstock

Squat menjadi olahraga lain yang bisa kamu lakukan di kantor. Kamu bisa melakukannya di samping meja kantor dengan gerakan jongkok berdiri yang dilakukan secara berulang. Pastikan agar kursi kerjamu tidak berada terlalu dekat agar tak mengganggu aktivitas olahraga kamu.

Selain itu, kamu juga bisa mengombinasikannya dengan gerakan squat-lunge. Mulai gerakan ini dengan berjongkok squat seperti biasa, lalu kembali berdiri seperti semula, kemudian tempatkan satu kaki agak jauh ke depan sedangkan kaki lainnya tetap di tempat, kemudian tekuk lutut kaki yang di depan sedangkan kaki yang di belakang ikut ditekuk agar tubuh seperti sedang bertekuk lutut, kemudian kembali berdiri dan lakukan gerakan yang sama dengan kaki satunya.

Chair Dips

Kamu suka membesarkan otot? Olahraga ini bisa kamu lakukan di kantor. Posisikan kursi (atau meja pendek) di belakangmu, lalu dengan kaki tetap mengarah ke depan, letakkan tangan pada tepi kursi atau meja di belakangmu. Kemudian, sambil pandangan mengarah ke depan, angkat tubuh layaknya sedang push up ke bawah dan atas. Untuk hasil yang maksimal, lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali.

Peregangan Tangan

Ilustrasi olahraga peregangan tangan/Shutterstock

Peregangan tangan bisa kamu pilih sebagai salah satu olahraga ringan yang bisa dilakukan. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu menautkan kedua tangan dan meletakkannya ke atas pangkuan.

Kemudian tarik kedua lengan ke atas, sambil berusaha agar ikatan jari-jari tidak terlepas. Latihan ini bisa memperkuat otot bahu, dada, bisep, tanpa perlu meninggalkan meja kerja.

Peregangan Punggung

Peregangan punggung juga bisa kamu coba selama di kantor. Olahraga ringan ini cukup mudah dilakukan, kok. Sebelum punggung terasa sakit, berdirilah, kemudian bungkukkan tubuh dan sentuhlah jari-jari kaki tanpa menekuk lutut. Lakukan gerakan ini sebanyak tujuh hingga delapan kali.

Baca juga; “Olahraga Simpel yang Cocok untuk Kamu Kaum Mager

Gerakan ini merupakan cara terbaik untuk mengendurkan otot-otot punggung.

Cukup sederhana bukan, gengs? Jadi, enggak ada alasan lagi untuk tidak berolahraga ,ya.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *