Weekly News Wrap Up: Melihat Isi Pesawat Antonov yang Mendarat di Bandara Kertajati

Ada juga berita mengenai m-paspor terbaru dan timeline Piala Dunia U-20 dalam wrap up news kali ini.

114
Isi kargo pesawat Antonov AN124-100 di Bandara Kertajati

Rise and shine, gengs! Apakah akhir pekanmu menyenangkan? Menyambut hari Senin, yuk kita lirik kembali beberapa informasi penting dan menarik selama seminggu kemarin dalam “Weekly News Wrap Up”. Keep scrolling!

Melihat Isi Pesawat Antonov yang Mendarat di Bandara Kertajati

Pesawat Antonov AN124-100M saat mendarat di Bandara Kertajati
Pesawat Antonov AN124-100M saat mendarat di Bandara Kertajati/Istimewa

Salah satu pesawat kargo terbesar di dunia buatan Ukraina, Antonov 124-100M, mendarat dan membongkar muatannya di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Rabu (22/3).

Ini menjadi pertama kalinya dalam sejarah pesawat kargo terbesar di dunia mendarat di Bandara Kertajati. Pesawat berukuran super besar ini membawa muatan dari Amerika Serikat (AS). Lewat akun Instagram resmi Bandara Kertajati (@infobijb), pesawat ini mendarat tepat pukul 14.41 WIB. Buat kamu yang penasaran seperti apa penampilan isi pesawat Antonov 124-100M, yuk cek foto-fotonya di sini.

Kendra Ahimsa, Anak Bangsa yang Karyanya Makin Mendunia

Kendra Ahimsa – Lollapalooza 2023

Festival musik tahunan asal Amerika, Lollapalooza, akan kembali digelar tahun ini pada 3–6 Agustus 2023 mendatang. Namun ada hal menarik dari festival ini yang membuat masyarakat Indonesia bangga.

Yup! Pada posternya kali ini, Lollapalooza mempercayakan pada anak bangsa yakni Kendra Ahimsa untuk merepresentasikan wajah utama dari festival musik yang sangat melegenda tersebut. Simak poster hasil karya Kendra Ahimsa untuk Lollapalooza serta karya-karya Kendra lainnya yang juga turut mendunia, termasuk karyanya yang masuk dalam The New York Times di sini.

M-Paspor Update Versi Terbaru, Bisa Daftar Paspor Satu Hari Terbit

M-Paspor
Ilustrasi aplikasi M-Paspor/imigrasi.go.id

Aplikasi paspor online, M-Paspor sudah di-update dan kini tersedia di AppStore (iOS) maupun Google PlayStore (Android). Dari pembaruan ini, ada beberapa fitur baru yang bisa dinikmati, mulai dari perubahan tahapan pada pemilihan kantor imigrasi sampai pemilihan jenis paspor. Yuk, lihat apa saja perubahan terbaru M-Paspor versi terbaru di sini.

Merinding! Saat PSM Universitas Lampung Bernyanyi di Rumah Makan

PSM Unila
PSM Unila Nyanyi di Rumah Makan

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara Mahasiswa (PSM) dari Universitas Lampung baru-baru ini menarik perhatian masyarakat setelah videonya trending di aplikasi TikTok, gengs.

Video ini menampilkan Paduan Suara Mahasiswa yang tengah bernyanyi bersama-sama di sebuah Rumah Makan di Jalan Pangeran Antasari, Bandar Lampung. Nah, usut punya usut gengs, mereka sedang melakukan buka donasi atau galang dana karena mau mengikuti sebuah kompetisi Internasional Virtual Choir.

Buat kamu yang belum nonton, simak lebih lanjut videonya di sini.

Pelajar Indonesia Bagikan Suasana Ramadan dan Buka Bersama di Harvard University

Dekorasi Ramadan di Students Center Harvard University/Via: @harvardislamicsociety

Baru-baru ini warga Indonesia yang tengah menempuh pendidikan S2 di Harvard University, Amerika Serikat, Maria Celline Wijaya, membagikan sebuah video tentang pengalamannya menjalankan ibadah puasa dan bulan Ramadan pertamanya di kampus ternama dunia tersebut lewat Instagram.

Menurut keterangan Celline dalam videonya, setiap hari di bulan Ramadan, pihak Harvard University akan menyediakan makanan untuk mahasiswa muslim di sana pada saat menjelang waktu berbuka ataupun sahur. Simak lebih lanjut pengalaman Celline berbuka puasa di Amerika Serikat pada artikel berikut.

Timeline Piala Dunia U-20 yang Batal Terselenggara di Indonesia

Perbedaan Piala Dunia U-20 dan Piala Dunia
Trofi Piala Dunia U-20/mscfootball.com

Federasi Sepakbola Dunia, FIFA, mengumumkan Indonesia secara resmi dibatalkan statusnya sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada Rabu, 29 Maret 2023 malam, waktu Indonesia. Keputusan ini diambil setelah Ketua PSSI, Bapak Erick Thohir, menghadiri rapat bersama Presiden FIFA, Gianni Infantino. Meski sangat disayangkan, berikut ini perjalanan lengkap timeline Piala Dunia U-20 yang batal terselenggara di Indonesia.

Keren Banget! Bahasa Indonesia Akan Jadi Mata Kuliah Baru di Harvard University

Harvard University
Foto Harvard University/Unsplash

Mata kuliah Bahasa Indonesia akan jadi mata kuliah baru di Harvard University, Amerika Serikat. Selain kampus Harvard University yang ada di Amerika Serikat, sebelumnya ada Hankuk University di Korea Selatan, University of Melbourne di Australia, hingga University of Turku di Finlandia yang juga mengajarkan Bahasa Indonesia di kampus mereka. Yuk, simak alasan mengapa Harvard University pada akhirnya membuka mata kuliah Bahasa Indonesia lewat artikel berikut.

Pengertian SNBP dan Perbedaannya dengan SNMPTN

SNBP

Pemerintah pada Selasa, 28 Maret 2023, mengumumkan hasil dari Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2023 tepat kurang lebih pukul 15.00 WIB. Sebanyak 143.805 siswa dinyatakan lolos dari seleksi meraih perguruan tinggi negeri (PTN) ini.

Lantas, apa sih SNBP itu? Apa bedanya dengan SNMPTN yang pernah jadi dambaan beberapa tahun lalu? OPPAL telah mengulasnya untuk kamu di sini.

Itu dia rangkuman berita yang paling banyak menarik perhatian selama seminggu kemarin. Semoga tak ada berita yang kamu lewatkan, ya! Let’s start this week with some positivity, Oppal gengs!

Alvin
WRITTEN BY

Alvin

Lifestyle and Entertainment Editor at Oppal, who mainly obsesses over all things pop culture, pizza, and boba drinks with equal enthusiasm. Covering everything from celebrities profile to the best TV shows.