Wrap Up News 2 November 2022: Elon Musk Jadi Pembicara B20 di Bali Hingga Ujian SIM Kini Bisa Coba Ulang

Sambil sarapan dan bersiap diri sebelum beraktivitas, yuk baca wrap up news 2 November 2022.

299
0
SIM Indonesia

Hi, Oppal gengs! Apa kabar? Semoga sehat selalu, ya. Sambil sarapan dan bersiap diri sebelum beraktivitas, yuk baca kumpulan berita menarik yang terjadi pada 2 November 2022 kemarin supaya kamu tak ketinggalan informasi. Mulai dari Elon Musk resmi jadi pembicara B20 di Bali, fenomena Matahari yang tiba lebih cepat di tanggal 3 November, hingga ujian SIM kini bisa dicoba ulang di hari yang sama. Selengkapnya dapat kamu baca di wrap up news berikut:

Elon Musk Jadi Pembicara B20 di Bali 13-14 November 2022

Elon Musk
Elon Musk

CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk, akan mengunjungi Indonesia pada 13-14 November 2022 mendatang. Kedatangan dari pria yang baru saja membeli media sosial Twitter ini adalah untuk mengisi acara B20 Summit Indonesia 2022.

Hal ini diumumkan langsung oleh akun media sosial @theb20summit dengan memasang nama dan foto Elon Musk terpampang paling depan pada salah satu unggahan carousel yang akan jadi pembicara pada acara tersebut. Informasi lebih lanjut mengenai topik pembicaraan Elon Musk dapat dibaca di sini.

Warga yang Gagal Ujian SIM Kini Bisa Coba Ulang di Hari yang Sama

SIM
SIM/Shutterstock

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi membuat aturan bagi warga yang gagal saat melakukan tes ujian pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM), maka mereka boleh mengulang di hari yang sama.

Instruksi tersebut tertuang dalam Surat Telegram (ST) Nomor: ST/2386/X/YAN.1.1/2022 tanggal 31 Oktober 2022 yang ditandatangani Kakorlantas Polri Irjen Firman Santyabudi.

Seperti yang tertulis di Surat Telegram tersebut, ujian ulang bisa dilakukan sebanyak dua kali dalam rentang waktu yang ditentukan. Selain itu, Pak Kapolri juga meminta Satpas untuk menyediakan pelatihan bagi calon peserta ujian ataupun peserta yang akan melaksanakan ujian ulang. Selengkapnya mengenai aturan terbaru ujian SIM dapat dibaca di sini.

3 November 2022: Fenomena Tengah Hari Lebih Cepat di Indonesia

Fenomena tengah hari lebih cepat selalu terjadi pada setiap tanggal 3 November tiap tahunnya. Hal ini terjadi karena nilai perata waktu yang lebih besar sehingga Matahari akan transit lebih cepat dibandingkan dengan hari-hari biasanya dalam setahun. Hal ini juga dikonfirmasi langsung oleh LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) melalui akun Instagram @lapan.ri.

Nah, untuk kamu yang penasaran, perata waktu sendiri memiliki definisi selisih antar waktu Matahari Sejati dengan Waktu Matahari Rata-rata. Perata waktu dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu kemiringan sumbu Bumi dan kelonjongan orbit Bumi. Baca lebih lanjut mengenai fenomena menarik Matahari tersebut di sini.

Terjebak dalam Kerumunan? Lindungi Bagian Tubuh Ini

Kerumunan

Tragedi Itaewon mengingatkan kita pada peristiwa nahas di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, pasca pertandingan Arema FC versus Persebaya yang juga menelan ratusan korban jiwa. Dua peristiwa tersebut tentu meninggalkan duka yang mendalam bagi keluarga dan seluruh pihak terkait. Selain itu, kita juga bisa memetik pelajaran berharga untuk selalu bersiap melindungi diri jika terjebak dalam situasi serupa.

Melansir dari New York Times, Paul Wertheimer, seorang crowd safety expert yang berdomisili di Los Angeles, menjelaskan bahwa jika kamu terjebak dalam kerumunan, berdirilah layaknya seorang petinju. Letakkan kedua tangan di depan dada agar tercipta lebih banyak ruang antara tubuhmu dengan orang di depanmu. Tips lain untuk menyelamatkan diri saat terjebak di kerumunan dapat kamu baca di sini.

Nino Menulis Artikel Baru Mengenai Idola Virtual

Nino Star Editor

Star Editor OPPAL, Nino Kayam, menulis artikel baru mengenai kehadiran idola virtual pertama di dunia. Siapa sangka, ternyata idola virtual pertama kali tercatat hadir di tahun 1958, gengs. Ingin tahu siapa idola virtual pertama di Indonesia? Baca artikel Nino di sini.

Itu dia rangkuman berita untuk beberapa informasi yang terjadi kemarin, 2 November 2022­. Semoga tak ada informasi yang kamu lewatkan, ya gengs. Have a nice day!

Alvin
WRITTEN BY

Alvin

Lifestyle and Entertainment Editor at Oppal, who mainly obsesses over all things pop culture, pizza, and boba drinks with equal enthusiasm. Covering everything from celebrities profile to the best TV shows.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *