Weekly News Wrap Up: WHO Cabut Status Darurat Kesehatan Covid-19

Ada juga informasi mengenai SEA Games 2023. Yuk, simak wrap up news pagi ini!

58
Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus

Rise and shine, gengs! Apakah akhir pekanmu menyenangkan? Menyambut hari Senin, yuk kita lirik kembali beberapa informasi penting dan menarik selama seminggu kemarin dalam “Weekly News Wrap Up”. Keep scrolling!

WHO Cabut Status Darurat Kesehatan Covid-19

WHO Umumkan Kasus COVID-19 Alami Penurunan di Seluruh Dunia

Kabar baik buat kita semua! Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO (World Health Organization) resmi mengakhiri status “darurat kesehatan global” untuk Covid-19 pada Jumat, 5 Mei 2023. Jadi, penyebaran Covid-19 kini bukan lagi berstatus pandemi.

Walaupun status darurat telah berakhir, WHO tetap mengingatkan bahwa pencabutan status darurat Covid-19 bukan berarti dunia bebas dari virus corona sepenuhnya. Covid-19 tetap bisa menginfeksi kapan saja, maka dari itu kita tetap harus berhati-hati. Simak selengkapnya kabar mengenai pencabutan status darurat kesehatan Covid-19 di sini.

Pengelola: Tiket Masuk Candi Borobudur Masih Sama, yang 4-15 Ribu Itu Borobudur Highland

Candi Borobudur

Pengelola Taman Wisata Candi Borobudur memastikan bahwa Peraturan Menteri Keuangan Nomor 42 tahun 2023 bukan untuk tarif masuk Candi Borobudur seperti pemberitaan yang beberapa hari ini diinformasikan.

General Manager Unit Borobudur, Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko (TWC), Bapak Jamaludin Mawardi, mengatakan bahwa Permenkeu itu berlaku untuk kawasan otoritatif Badan Otorita Borobudur. Biar enggak bingung, berikut harga tiket masuk Candi Borobudur dan harga tiket masuk Borobudur Highland.

FIFA Umumkan Lagu “Glorious” dari Weird Genius Soundtrack Resmi Piala Dunia U20 2023

Weird Genius
Cover lagu Weird Genius dalam Piala Dunia U20 2023 yang sedianya digelar di Indonesia.

FIFA (Fédération Internationale de Football Association) atau asosiasi sepak bola dunia secara resmi mengumumkan lagu “Glorious” dari Weird Genius sebagai lagu resmi Piala Dunia U20 yang akan dihelat di Argentina. Kepastian itu didapat dari pengumuman resmi di laman fifa.com. Informasi lengkap mengenai lagu “Glorious” di Piala Dunia U20 2023 dapat kamu baca di sini.

Keren Banget! 70 Persen Atlet Indonesia di SEA Games 2023 Masih Pelajar dan Mahasiswa

SEA Games 2023

Presiden RI Bapak Jokowi resmi melepas para atlet SEA Games 2023 yang akan berlaga di Kamboja pada Selasa, 2 Mei 2023 di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta.

Dalam kesempatan ini, Menteri Pemuda dan Olahraga Mas Dito Ariotedjo juga memberikan penjelasan bahwa komposisi atlet Indonesia yang berangkat ke SEA Games 2023 didominasi oleh 70 persen atlet junior yang masih duduk di bangku sekolah dan mahasiswa. Berikut informasi lengkap mengenai atlet Indonesia yang berangkat ke SEA Games 2023 serta pesan Bapak Jokowi bagi para atlet Indonesia yang berangkat bertanding.

Penjelasan Google Mengenai Penipuan Modus Baru Pake Gmail

Gmail

Google baru saja memberikan peringatan untuk pengguna layanan Google Mail (Gmail) terhadap modus penipuan baru lewat surat elektronik atau e-mail.

Modus penipuan ini memiliki target semua pengguna Gmail lewat pesan yang masuk ke Inbox. Dari data yang dimiliki Google, pelaku kejahatan atau hacker ini melakukan peretasan dengan mengirimkan e-mail palsu berjudul “Online Reward Program”. Ketahui lebih lanjut modus penipuan baru tersebut dan cara menanggapinya di sini.

WNI di Kamboja Galang Dukungan untuk Kontingen Indonesia di SEA Games 2023

WNI Kamboja SEA GAMES 2023
WNI Kamboja SEA GAMES 2023

Kepala Kanselor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Kamboja, Mbak Lauti Nia Astri, mengatakan bahwa masyarakat Indonesia yang tinggal di Kamboja siap untuk memberikan dukungan penuh kepada para atlet dan tim nasional yang berlaga di ajang SEA Games 2023 pada 5-7 Mei nanti.

Beliau juga menambahkan bahwa akan ada berbagai macam bentuk dukungan yang ditunjukkan oleh para suporter Indonesia nantinya. Berikut macam-macam dukungan yang akan diberikan para WNI di Kamboja.

Universitas Teknokrat Indonesia Luncurkan Dosen AI Pertama di Indonesia

Dosen AI Universitas Teknokrat Indonesia/Via: teknokrat.ac.id

Seiring perkembangan zaman, Artificial Intelligence juga mengalami beberapa kemajuan yang pesat. Sebagai contohnya, salah satu universitas di Indonesia kini menggunakan dosen AI dalam proses belajar mengajar mereka. Universitas tersebut yakni Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) yang baru saja meluncurkan dosen berbasis teknologi AI pertama mereka yang diberi nama ‘Alpha’ pada hari Selasa (25/4) lalu. Simak peran dosen AI di UTI serta alasan UTI menggunakan dosen AI pada artikel berikut.

Cegah Kemacetan, Wacana Jam Kerja Dibagi Dua di Jakarta Segera Diterapkan

Foto macet di Jakarta/Shutterstock

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Bapak Heru Budi Hartono, baru-baru ini mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta sedang membahas pengaturan jam kerja di kantor Jakarta untuk mengurangi kemacetan yang ada.

Bapak Heru juga menjelaskan bahwa pihaknya sedang membahas pengaturan jam masuk karyawan yang bisa dibagi menjadi dua sesi, yaitu pukul 08.00 WIB dan pukul 10.00 WIB. Baca informasi lengkap mengenai wacana jam kerja tersebut di sini.

Jadi Tempat KTT ASEAN 2023, ITDC Jelaskan Golo Mori Keindahan Alam Layaknya Lukisan Hidup

Golo Mori Labuan Bajo NTT
Golo Mori Labuan Bajo NTT/Shutterstock

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 akan segera digelar di Indonesia pada 9–11 Mei 2023. Labuan Bajo, NTT, akan menjadi tempat pertemuan puncak para pemimpin negara di kawasan Asia Tenggara itu. Salah satu lokasi yang juga menjadi tempat dilangsungkannya event KTT ASEAN 2023 adalah Golo Mori, yang tidak jauh dari Labuan Bajo.

Keindahan alam dan fauna di Golo Mori ternyata menjadi alasan kenapa lokasi yang dulunya sepi ini disulap jadi “surga” baru di Timur Indonesia. OPPAL pun berkesempatan mewawancarai Direktur Operasi ITDC Bapak Troy Reza Warokka. Beliau memaparkan keunikan dan keindahan Golo Mori yang sulit dibandingkan, berikut lengkapnya.

Cerita Ibu Medhanita Bangun Aplikasi Madsaz yang Bisa Deteksi Tangisan Bayi

Madsaz

Dosen Sekolah Vokasi IPB, Ibu Medhanita Dewi Renanti, mengembangkan aplikasi penerjemah tangisan bayi yang diberi nama Madsaz. Menurut beliau, saat ini aplikasi Madsaz sudah diunduh lebih dari 180 ribu orang. Pengunduh aplikasi ini juga tak hanya orang Indonesia, tetapi juga dari 109 negara di dunia. Rata-rata mereka adalah orang tua yang baru saja memiliki anak. Berikut ini lima jenis tangisan yang bisa diterjemahkan oleh Madsaz, serta cara menggunakan aplikasi tersebut yang ternyata cukup mudah.

Itu dia rangkuman berita yang paling banyak menarik perhatian selama seminggu kemarin. Semoga tak ada berita yang kamu lewatkan, ya! Let’s start this week with some positivity, Oppal gengs!

Alvin
WRITTEN BY

Alvin

Lifestyle and Entertainment Editor at Oppal, who mainly obsesses over all things pop culture, pizza, and boba drinks with equal enthusiasm. Covering everything from celebrities profile to the best TV shows.

Related Post